Mohon tunggu...
Muhammad Iqbal Wiharto
Muhammad Iqbal Wiharto Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa S1 Universitas Muhammadiyah Malang Jurusan Hubungan Internasional

Saya adalah seorang mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang jurusan Hubungan Internasional. Selama kuliah, saya aktif di organisasi Seni Pertunjukan (Teater) dimana saya menjabat sebagai Anggota Divisi Humas dan Ketua Umum, dimana saya diharuskan untuk menjalin hubungan antara pihak internal dan eksternal dari organisasi saya. Saya melakukan ini sambil tetap bisa fokus pada studi saya.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengembangan Minat Bakat Lembaga Yatim Piatu Attawwabiin di Bidang Akademis dan Non Akademis

26 Januari 2023   11:55 Diperbarui: 26 Januari 2023   12:02 59
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dalam Kegiatan Pelaksanaan PMM kelompok 76 gelombang 1 dari mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) terdapat beberapa bidang, yaitu Koordinator, Sekretaris, Bendahara, Publikasi Dekorasi Dokumentasi (PDD), dan Humas. Di setiap bidang mempunyai tugas dan tanggung jawab masing-masing dalam menjalankan kegiatan Pengabdian Masyarakat Oleh Mahasiswa (PMM) ini. Kegiatan PMM dilaksanakan selama 30 hari atau sebulan mulai dari tanggal 16 Februari -- 16 Maret 2022. 

Program kerja yang telah dirancang dan dilaksanakan tentang sosialisasi mengenai pola pikir positif kepada anak-anak di Panti Asuhan Attawabiin Kecamatan Sukun Kota Malang.

Program kerja yang telah dilaksanakan dengan baik dan lancar tentunya juga karena keterlibatan dan dukungan dari berbagai pihak, terutama anak-anak panti asuhan yang sudah aktif dan berusaha mengikuti semua kegiatan dengan baik meskipun ada beberapa kendala yang terjadi seperti cuaca mendung, turun hujan dan jadwal sekolah anak-anak panti sehingga dibutuhkan koordinasi lebih lanjut dengan pengurus panti untuk pelaksanaan program kerja di panti asuhan. Meskipun terjadi keterlambatan dan kemunduran saat penutupan, tetapi kegiatan tetap bisa berjalan dengan lancar dan baik sampai selesai.

Dokpri
Dokpri

Kegiatan dari kami ini merupakan kegiatan yang menyebutkan mengenai bakat dan minat anak dalam bidang akademis dan non-akademis. Kegiatan-kegiatan dalam sosialisasi tersebut berupa kegiatan menonton film pendek mengenai bakat dan minat bersama anak-anak didik pada hari Rabu, 23 Februari 2022, sosialisasi Sosialisasi dan penulisan bakat minat yang dimiliki oleh anak-anak dilakukan pada hari Kamis, 24 Februari 2022. Hasil yang ditulis oleh anak-anak panti asuhan diberikan kepada pihak panti asuhan agar tetap dilihat oleh anak-anak, kegiatan membaca al-qur'an bersama dan menghafal hadis dilakukan setiap setiap hari senin, 

Pada Rabu, 2 Maret 2022 kegiatan yang dilakukan adalah memberikan edukasi kepada anak-anak mengenai pentingnya pancasila bagi kehidupan sehari-hari dan dapat diterapkan kapan saja, memberikan video pendek penerapan pancasila dalam kehidupan sehari-hari pada hari sebelumnya yaitu Selasa, 1 Maret 2022.

Pada Kamis, 3 Maret 2022 kegiatan yang dilakukan adalah memberikan edukasi kepada anak-anak mengenai bagaimana cara memperkenalkan diri dalam bahasa inggris dan bermain games bahasa inggris, Pada Jum'at, 4 Maret 2022 kegiatan yang dilakukan adalah membersihkan area pembelajaran dan pemasangan banner PMM, Pada hari Senin, 7 Maret 2022 kegiatan yang dilakukan yaitu lomba menggambar untuk mengembangkan kreativitas pada anak-anak didik.

Pada hari berikutnya yaitu Selasa, 8 Maret 2022 kami memberikan film pendek yang menajarkan anak-anak dalam berperilaku baik dalam kehidupan sehari-hari, Rabu, 9 Maret 2022 yaitu cerdas cermat mengenai bahasa inggris buah-buahan dan warna, serta melanjutkan ayat dan hadis yang telah diberikan oleh pihak panti sebelum PMM diadakan. Cerdas cermat ini dilakukan agar ana-anak dapat mengikat tugas yang diberikan pihak panti sebelumnya.

Dokpri
Dokpri

Selain itu, ada juga kegiatan yang kami berikan kepada anak-anak panti asuhan tersebut seperti pengumuman dan pemberian hadiah sebagai apresiasi kepada pemenang dari berbagai lomba yang telah diselenggarakan oleh kami. Persiapan yang dilakukan sebelum pengumuman perlombaan yaitu memilih pemenang dalam lomba menggambar yang dibagi dalam 7 dua kategori berdasakan usia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone