Mohon tunggu...
Sulthan Atha Ghathfan
Sulthan Atha Ghathfan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Uhamka

Bermimpilah yang besar dan selalu berani untuk gagal.

Selanjutnya

Tutup

Seni

Seniman Mural Asal Indonesia Bikin Karya di Street Art Festival di Eropa

11 Januari 2023   15:10 Diperbarui: 11 Januari 2023   15:28 86
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Seni. Sumber ilustrasi: Unsplash

Ilustrator Bali dan seniman visual, Yessi Nur Mulianawati atau yang lebih dikenal dengan sapaan Yessiow, berkolaborasi dengan platform perjalanan terkemuka di Asia Tenggara, Traveloka, untuk tur mural Eropa yang baru saja selesai, Yessiow Traveloka Eurotour 2022.

Selama perhentian keempatnya di Barcelona, ia membuat mural khusus untuk Traveloka berjudul "See the World Again" untuk mendorong pengunjung melakukan perjalanan dan menjelajahi lebih banyak tujuan sesuai keinginan mereka. 

Selain itu, tur ini juga menginspirasi para seniman Indonesia, khususnya seniman perempuan, untuk terus berkreasi, memperluas wawasan, dan memperkaya pengalaman.

Yessiow memulai perjalanannya sebagai seniman mural di usia 17 tahun, aktif menjelajah dunia melalui aktivitas seninya melalui berbagai pameran dan festival bertaraf internasional. Mural artis serba bisa ini sangat dipengaruhi oleh kecintaannya pada benda-benda alam dan warna-warna cerah di sekitar masa pertumbuhannya di negara-negara tropis. Kini, karyanya telah menyebar ke Kamboja, Nepal, India, Turki, Afrika Selatan, Italia, dan negara-negara lain di dunia.

Tahun ini, seperti tahun-tahun sebelumnya, Yessiow kembali terpilih dan mendapat undangan melukis di beberapa festival street art di Eropa.Semangat Life, Your Way dengan tagline terbaru Traveloka dan momentum membuka kembali destinasi wisata mancanegara, Yessiow bekerja sama dengan Kerja sama Traveloka. Wisata seni dan penjelajahan wisata Eropa yang telah berlangsung sejak Agustus dikemas dengan judul Yessiow Euro Tour 2022.

“Melalui Yessiow Euro Tour 2022, kami berharap dapat menggemakan nama Indonesia di kancah seni dunia, khususnya seni mural. Di luar itu, saya berharap melalui karya saya dapat menginspirasi para seniman, khususnya perempuan, untuk menjadi kuat, menarik” berharap acara ini juga dapat menginspirasi seniman Indonesia untuk berkreasi dan mengembangkan karir di kancah internasional sesuai dengan minat, kepribadian dan cara mereka," kata Yessiow dalam keterangan pers.

Beberapa festival seni yang melibatkan karya Yessiow kali ini adalah:

- All About Things di Brussels, Belgia dari 30 Juli hingga 14 Agustus 2022

- IBUG Urban Festival di Floha, Jerman dari 16 hingga 20 Agustus 2022

- 24 hingga 31 Agustus 2022 Awesome Athens Experiences di Vyronas City, Yunani

- Intervensi B-Murals 15 September- 22 Agustus 2022 di Barcelona, Spanyol, Yessiow melukis dinding "Seeing the World Again", secara visual bercerita tentang Traveloka Layanan akomodasi yang seru dan andal serta inspirasi mengajak traveler untuk melihat dunia lagi, menikmati liburan yang lain, dan menjelajahi destinasi internasional lagi untuk membuat pilihan yang lebih bermakna dan tepat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Seni Selengkapnya
Lihat Seni Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone