Mohon tunggu...
Darryl Ahmadeus Michaila
Darryl Ahmadeus Michaila Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Gunadarma

saya mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Hobby

Manfaat Psikologi dalam Bermain Game

24 Januari 2023   16:35 Diperbarui: 24 Januari 2023   16:42 52
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Kita seringkali mendengar perkataan orangtua yang dimana selalu memberitahu bahwa game itu tidak baik, game dapat merusak otak, game dapat merusak penglihatan mata dan lain lain. 

Memang tidak dipungkiri bahwa pernyataan itu ada benarnya juga, tapi tidak selamanya bermain game itu buruk loh, seorang Psikolog mengatakan bahwa bermain game mempunyai manfaat bagi ketrampilan manusia, berikut manfaat bermain game bagi individu yang jarang diketahui.

1.Mengasah Kemampuan dan Ketrampilan individu

Pasti kita sering mengalami kekalahan saat bermain game? seperti Mobile Legends, Call of Duty, DOTA 2 dan lain lain lagi. Tahukah kalian jika hal hal seperti dapat membantu kemampuan kita? kita belajar dari kekalahan yang kita dapati disaat kita bermain game, membuat kita memperbaiki kesalahan kita dan mengulang kembali permainannya sampai kita mendapatkan kemenangan.

2.Mempunyai Teman/Relasi luar

Disaat kita bermain game online seringkali kita bertemu teman atau musuh baru, hal ini tentu sangat baik bagi masing masing individu, membuat mereka mempunyai teman baru dan membuat relasi baru. Tapi kita harus hati hati juga,dikarenakan tidak semua teman di game online itu mempunyai niat baik menjadi teman kita atau tidak.

3.Bermain Game 3D dapat meningkatkan kapasitas memori

Game 3D mempunyai grafik yang sangat baik dan suka memanjakan mata, ternyata ada lagi manfaatnya loh, game 3D mampu meningkatkan kapasitas memori kita, kita akan ingat dengan apa yang kita lihat saat didalam game dan membuat memori bertambah dan itu berdampak sangat baik bagi otak kita.

4. Menghilangkan rasa stress

kamu dapat bermain game sesudah kamu selesai sekolah, selesai kerja atau bahkan sehabis selesai beres beres rumah dan banyak hal lagi, bermain game dapat menghilangkan rasa stress mu dikarenakan kamu yang senang atau sedang asik bermain game dapat melupakan rasa stress kamu. Tapi tidak dapat lupakan juga bahwa main game juga dapat membuat kita makin stress, contohnya bermain Mobile Legends bertemu Badak epic.

Pesan saya terhadap semua orang diluar sana, tidak semua game itu buruk begitu pula sebaliknya, kembali lagi dengan orang tua yang harus memantau anaknya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone