Mohon tunggu...
Najwa Zhafira Nur Khalisa
Najwa Zhafira Nur Khalisa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Psikologi

Traveling

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Memahami Self Love dan Self Harm

24 Januari 2023   15:10 Diperbarui: 24 Januari 2023   15:20 197
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Self Love menurut Psikologis adalah apresiasi pada diri sendiri. Self love mengajarkan kita untuk mencintai diri sendiri, berarti kamu harus menghargai kesejahteraaan dan kebahagiaanmu sendiri. Dan menjaga Kesehatan fisik dan mental.

Kesehatan mental sangatlah penting untuk diperhatikan karena kesehatan mental sendiri berhubungan dengan kesejahteraan hidup individu dan juga orang sekitar. Mental Health sendiri sangatlah perlu diperhatikan oleh banyak orang, apabila Mental Health ini dibiarkan akan berujung pada Mental Illness.

Selain masalah Mental Health masalah yang paling hampir banyak terjadi yaitu Depresi dan pada akhirnya berujung bunuh diri dan melukai diri sendiri. Pada negara maju ini Mental Illness sengatlah dianggap menjadi hal yang biasa, disinilah yang menjadi masalah utama yang terjadi.

Setiap orang memiliki cara Self Harm yang berbeda-beda, seperti menarik rambut, memukul, menelan zat berbahaya dan ,menyayat anggota tubuh. Faktor yang dapat melatarbelakangi tindakan Self Harm yang dilakukan remaja, terdapat berbagai perubahan fisik dan emosional yang dialami saat fase remaja, Ditambah lagi, terkadang ada juga tekanan eksternal seperti tuntunan akadamis dan sosial yang muncul. Efek dari Self Harm bersiko menimbulkan luka fisik yang fatal dan meningkatkan resiko bunuh diri.

Macam-Macam Gangguan Mental:

*   Depresi

*   Skizofrenia

*   Bipolar

*   Obsessive- Compulsive Disorder (OCD)

*   Anxiety Disorders

*   Psychotic Disorders

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone