Mohon tunggu...
1PA26_Ramaditya
1PA26_Ramaditya Mohon Tunggu... Mahasiswa - MAHASISWA

hobi bermain basket

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Respon Psikologis Serta Cara Mengatasi Ketika Seseorang Mengalami Stres

25 Januari 2023   15:00 Diperbarui: 25 Januari 2023   15:07 44
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

DEFINISI STRES :

Suatu tekanan atau sesuatu yang terasa menekan dalam diri individu. Sesutu tersebut dapat terjadi disebabkan oleh ketidakseimbangan antara harapan dan kenyataan yang diinginkan oleh individu. 

Stress muncul sejalan dengan peristiwa dan perjalanan kehidupan yang dilalui oleh individu dan terjadinya tidak dapat dihindari sepenuhnya. Pada umumnya individu yang mengalami stress akan terganggu siklus kehidupan nya dan merasakan ketidaknyamanan. Bahkan stress yang berkelanjutan dapat membahayakan diri sendiri msupun orang lain sehingga orang-orang perlu memahami indikasi gejala stress.

INDIKASI GEJALA STRES

Individu yang mengalami stress akan berperilaku lain dibandingkan dengan orang lain yang tidak mengalami stress. Kondisi individu yang mengalami stress gejala gejalanya dapat dilihat baik secara fisik maupun psikologis. Gejala yang secara fisik ditandai oleh gangguan jantung,tekanan darah tinggi,ketegangan pada otot,sakit kepala,telapak tangan dan atau kaki terasa dingin, kepala terasa pusing,perut terasa mual-mual ,susah tidur (insomnia) dan masih banyak lagi.

Gangguan jantung bagi seseorang yang mengalami stress ada indikasi detak jantung yang lebih cepat ada juga seseorang yang merasakan nyeri dibagian dada sebela kiri. Jika rasa berdebar atau nyerinya berkurang bukan berarti stress yang dialami sesorang hilang.

Tekanan darah tinggi (hipertensi), stress yang dialami seseorang akan memunculkan reaksi emosi  yang meningkat sebab terjadilah tekanan darah yang meninggi. Selain itu seseorang yang mengalami stress akan sulit untuk tidur  dikarenakan  pikiran yang ada di dalam diri  seseorang sedang rumit dan kacau . sebaliknya orang-orang yang pikiranya tenang biaasnya lebih mudah untuk tertidur.

Ketegangan pada otot dapat juga diakibatkan oleh stress. Biasanya reaksinya terjadi pada kelompok otot di daerah tengkuk,leher, bahu dan rahang. Ketegangan otot di sekitar tengkuk akan mengganggu suplai darah ke otak , akibatnya kepala terasa nyeri akibatnya kepala terasa nyeri karena kekurangan suplai darah.

CARA MENGURANGI STRES :

Untuk mengurangi rasa pikiran yang berat (stress) dalam diri seseorang dengan  cara berikut ini:

Menjaga pola makan yang baik dengan mengonsumsi makanan- makanan yang sehat

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone