Mohon tunggu...
achmad soheh
achmad soheh Mohon Tunggu... Konsultan - Strategic Partnership Development Officer

Pakdome adalah sebuah program yang mengedepankan konsep ekosistem logistik dalam negeri. Dimana tujuan dari program ini adalah untuk memaksimalkan dan mengoptimalkan potensi pasar dalam negeri yang ada di Indonesia, sehingga program ini mensinergikan 5 komponen bisnis yang ada dalam ekosistem tersebut : Kementerian ( pusat dan daerah), Perhimpunan / Asosiasi UMKM, Corporate/ Perusahaan, Perusahaan Logistik Dalam Negeri dan Kantor Agen/Cabang yang di miliki Abang Express ( sebuah perusahaan yang bergerak dalam jasa pengiriman ekspor dan impor di Indonesia )

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Ekosistem Logistik Dalam Negeri, Strategi Optimalisasi Potensi Market Dalam Negeri 2023

20 Januari 2023   16:20 Diperbarui: 20 Januari 2023   16:40 120
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber : https://investor.id/business

Besarnya potensi bisnis yang ada di Indonesia, khususnya yang ada di pelaku bisnis UMKM yang ada di Indonesia. Kesemua itu memang tidak salah jika di jadikan salah satu potensi bisnis yang ada di tahun 2023 guna mendukung perkembangan dan pertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun 2023. 

 

Sebuah kondisi yang bisa dijadikan salah satu kunci guna mengembangkan potensi bisnis lainnya agar prediksi terjadinya resesi global yang ada di dunia pada  tahun 2023 tidak terjadi di Indonesia. Karena dengan besarnya potensi yang ada di sector pelaku bisnis UMKM sudah terbukti sejak pada masa pandemic covid 19 pada waktu itu.  Dimana peran UMKM bisa menjadi salah satu roda perputaran ekonomi di Indonesia.

Memang untuk menggerakan potensi bisnis yang ada di dalam negeri bisa di lakukan dengan berbagai cara salah satunya adalah dengan  melakukan sinergi dari beberapa pelaku bisnis yang memang secara langsung atau tidak langsung terkait dengan perkembangan dan pertumbuhan ekonomi yang ada di Indonesia.

Ekosistem Logistik Domestik Indonesia, Salah Satu Solusi Mengatasi Resesi Global di Indonesia


Banyak cara di lakukan untuk memperkuat potensi bisnis yang ada di Indonesia, salah satunya adalah dengan membuat atau membentuk yang namanya Ekosistem Logistik Dalam Negeri. Kenapa Ekosistem mungkin  itu yang jadi pertanyaan, karena bicara soal ekosistem artinya kita bicara soal integrasi dari beberapa komponen agar bisa menjadi satu kekuatan yang besar untuk menggerakan sebuah potensi bisnis.

sumber : Kemenhub
sumber : Kemenhub

Hal itu sesuai juga dengan apa yang di sampaikan  oleh Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia ( ketua umum KADIN Indonesia : 2021-2026 " Bp Arsjad Rasjid). Bahwa ada baiknya memang kita semua fokus memperkuat kekuatan ekonomi dalam negeri, salah satu caranya dengan membentuk apa yang di namakan Ekosistem Logistik Dalam Negeri.  Nah lebih lanjut KADIN menjelaskan bahwa komponen yang harus ada dalam ekosiste tersebut adalah peran usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Sehingga berdasarkan kondisi itulah maka KADIN di tahun 2023 akan Kembali melakukan inisiatifnya dalam mendukung perkembangan pelaku bisnis UMKM, itulah yang di sampaikan oleh Ketua Umum KADIN Arsjad Rasjid.  Targetnya adalah bahwa kondisi ekonomi Indonesia akan tetap bertumbuh pada 2023 karena salah satunya di dukung oleh aktifnya para UMKM dalam mengembangkan usahanya.

Untuk membentuk apa yang di namakan Ekosistem  Logistik Dalam Negeri seperti yang di inisiasi oleh ABANG EXPRESS memang sudah di jelaskan. Bahwa pada dasarnya ekosistem tersebut akan terbentuk dari 5 komponen bisnis yang ada di dalamnya :

  • 1. Komponen  Kementerian ( Pusat dan Daerah )
  • Keberadaan pusat yang di wakilkan oleh kementerian, karena banyak program yang di jalankan oleh kementerian yang di tujukan  untuk peningkatan kualitas  bisnis dari UMKM. Sehingga akan lebih baik jika semua program yang ada di kementerian disinergikan sehingga akan bisa lebih maksimal bagi para pelaku bisnis UMKM.
  • 2. Komponen Asosiasi/ Perkumpulan UMKM
  • Komponen ini lebih menjadikan pelaku bisnis UMKM agar bisa terhubung satu dengan lainnya. Karena sudah pasti yang namanya bisnis satu dengan lainya pasti memiliki hubungan. Dimana dengan adanya sinergi dari para perhimpunan/ asosiasi UMKM akan semakin memudahkan  untuk bisa memaksimalkan potensi pasar yang ada di dalam negeri Indonesia.
  • 3. Komponen Perusahaan ( Perusahaan skala Menengah dan Besar )
  • Dengan terlibatnya perusahaan sebagai salah satu pendukung para pelaku bisnis UMKM misalnya dengan program PKBL ( Program Kemitraan Bina Lingkungan ) dan program  CSR ( Corporate Social Responsibility).
  • 4. Komponen Perusahaan Jasa Pengiriman Dalam Negeri
  • Salah satu kenapa ekosistemnya bersifat logistic adalah karena kuncinya ada pada perusahaan jasa pengiriman domestic yang akan terlibat di dalamnya.  Untuk itu kami mencoba mengajak para perusahaan yang bergerak dalam jasa tersebut untuk bisa sama -- sama mengembangkan kepeduliannya agar bisa sama sama membantu para UMKM agar bisa maksimal dalam mengembangkan pasar di dalam negeri.
  • 5. Komponen Kantor Agen/Cabang di seluruh Indonesia
  • Maksud dari kantor agen dan cabang ini adalah mereka yang akan berhubungan langsung dengan para UMKM ketika strategi ini berjalan dengan baik. Karena dengan adanya keterkaitan kantor agen dan cabang akan memudahkan para UMKM dalam mendistribusikan produknya ke seluruh Indonesia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone