Mohon tunggu...
Adam Samdyaa
Adam Samdyaa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Pelajar

Hobi berolahraga

Selanjutnya

Tutup

Halo Lokal

Menambang Emas di Sungai Brantas

23 Januari 2023   15:41 Diperbarui: 23 Januari 2023   18:15 72
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Halo Lokal. Sumber ilustrasi: PEXELS/Ahmad Syahrir

     Sidoarjo - Menambang atau pertambangan yang biasa dikenal orang seperti pertambangan emas, tembaga, dan perunggu. Ternyata pertambangan juga memiliki arti lain di kalangan Sungai Brantas yaitu "tambangan" berasal dari tali tambang yang digunakan untuk menyebrangkan penumpang melalui perahu. Tambangan itu sendiri mulai aktif pada tahun 1970-an silam.

Keberadaannya sangat membantu dan menguntungkan bagi semua orang seperti pekerja, anak sekolah, dan penduduk sekitar untuk menghemat biaya, tenaga, dan waktu. Fungsi adanya tambangan adalah untuk menyebrangkan penumpang yang ingin melewati jalanan tanpa harus berputar melewati jalanan yang bisa dibilang lumayan jauh dan dapat memakan waktu yang cukup lama.

"Dulu orang-orang bikin penyebrangan buat para pekerja supaya tidak mutar-mutar, dan akhirnya saya bikin penyebrangan ini." Ujar Pak Miskar, salah satu pekerja tambangan, Minggu (22/01/23).

Kisah hidup seorang pekerja tambangan yang mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari di Sungai Brantas. Mencari jalan keluar dari masalah yang telah dialaminya, masalah yang mengharuskan Pak Miskar meninggalkan pekerjaannya, diakibatkan dampak PHK.

"Saya di PHK sejak tahun 2002 dan langsung di percaya orang yang punya tambangan untuk memegang tambangan ini." Ungkap Pak Miskar.

Pekerjaan tambang memang terlihat cukup mudah untuk di kerjakan, namun sebenernya tidaklah sangat mudah seperti apa yang kita lihat, menarik tali tambang butuh tenaga yang kuat supaya perahu bisa berjalan, dan mental yang cukup kuat. Biaya tambangan pun masih tergolong murah mulai dari 1000 sampai 2000 rupiah saja. Bahkan biaya yang begitu murah saja terkadang masih ada orang yang tidak mau membayar seenaknya aja tanpa mengucapkan terimakasih.

Oleh karena itu sebaiknya kita sesamaa manusia harus saling menguntungkan satu sama lain supaya memberikan dampak positif bagi kita yang membutuhkan. Dengan ini supaya masyarakat luas mengetahui bahwa ada pekerjaan yang sampai saat ini masih ada di Sungai Brantas.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Halo Lokal Selengkapnya
Lihat Halo Lokal Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone