Mohon tunggu...
AHMAD FADHIIL MUTTAQIN
AHMAD FADHIIL MUTTAQIN Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

AHMAD FADHIIL MUTTAQIN - TI.20.A.1. Mahasiswa dari Universitas Pelita Bangsa.

Selanjutnya

Tutup

Metaverse

Steganography

21 Desember 2022   09:00 Diperbarui: 21 Desember 2022   09:11 123
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
www.kajianpustaka.com


Steganografi adalah praktik menyembunyikan pesan atau informasi di dalam pesan atau dokumen lain, seperti menyembunyikan pesan teks di dalam file gambar. Tujuan steganografi adalah untuk mengirimkan pesan tersembunyi sedemikian rupa sehingga tidak terdeteksi oleh siapa pun selain penerima yang dituju.

Ada beberapa teknik berbeda yang dapat digunakan untuk steganografi, termasuk:

  • Steganografi linguistik: Ini melibatkan menyembunyikan pesan dalam dokumen teks atau pesan dengan mengubah jarak antar kata atau menggunakan tinta yang tidak terlihat.
  • Steganografi digital: Ini melibatkan penyembunyian pesan dalam file digital, seperti file gambar, audio, atau video, dengan mengubah bit data yang membentuk file.
  • Steganografi fisik: Ini melibatkan menyembunyikan pesan di dalam suatu objek, seperti dengan mengukirnya menjadi sepotong kayu atau menanamkannya di dalam lukisan.

Steganografi memiliki sejarah panjang, dengan contoh-contoh yang berasal dari Yunani kuno dan Roma. Di zaman modern, telah digunakan untuk berbagai tujuan, termasuk komunikasi militer, spionase, dan bahkan hanya sebagai cara untuk mengirim pesan rahasia antar teman. Namun, ini juga dapat digunakan untuk tujuan berbahaya, seperti untuk menyembunyikan konten ilegal atau berbahaya. Akibatnya, steganografi seringkali diatur secara ketat oleh pemerintah dan lembaga penegak hukum.

Steganografi adalah praktik menyembunyikan informasi dalam pesan sampul, gambar, atau media lainnya. Tujuan steganografi adalah untuk mengkomunikasikan pesan atau informasi tanpa menarik perhatian pada fakta bahwa komunikasi sedang terjadi.
Ada banyak teknik berbeda yang dapat digunakan untuk steganografi, termasuk:

  • Menyembunyikan teks di dalam gambar: Ini dapat dilakukan dengan mengubah piksel gambar dengan cara yang tidak terlihat oleh mata manusia, tetapi dapat dideteksi oleh perangkat lunak yang tahu cara mencari pesan tersembunyi.
  • Menggunakan tinta tak terlihat: Ini melibatkan penulisan pesan dengan zat yang tidak terlihat dengan mata telanjang, tetapi dapat dibuat terlihat dengan menerapkan panas atau agen kimia.
  • Menggunakan microdots: Ini melibatkan pencetakan pesan ke titik yang sangat kecil yang hampir tidak mungkin dideteksi tanpa menggunakan pembesaran.
  • Menggunakan cipher null: Ini melibatkan pembuatan pesan yang tampaknya tidak berarti atau tidak masuk akal, tetapi dapat didekripsi oleh seseorang yang mengetahui kunci cipher.

Steganografi memiliki sejarah panjang, berasal dari peradaban kuno, dan telah digunakan untuk berbagai tujuan, termasuk spionase, mengirim pesan rahasia selama masa perang, dan melindungi informasi sensitif.

Steganografi adalah praktik menyembunyikan pesan, gambar, atau file di dalam pesan, gambar, atau file lain. Ini sering digunakan untuk mengirimkan informasi dengan aman, karena keberadaan pesan tersembunyi tidak segera jelas dan mungkin tidak terdeteksi tanpa pengetahuan tentang keberadaannya dan teknik yang digunakan untuk menyembunyikannya.

Ada banyak teknik berbeda yang dapat digunakan untuk steganografi, termasuk:

  • Steganografi linguistik: Menyembunyikan pesan di dalam teks dokumen atau pesan dengan menggunakan kata atau frasa tertentu sebagai kode.
  • Steganografi gambar: Menyembunyikan pesan di dalam gambar dengan mengubah piksel dalam gambar dengan cara yang tidak segera terlihat.
  • Steganografi audio: Menyembunyikan pesan dalam file audio dengan mengubah frekuensi dalam audio dengan cara yang tidak segera terlihat.
  • Steganografi video: Menyembunyikan pesan dalam video dengan mengubah bingkai individu dalam video dengan cara yang tidak segera terlihat.

Steganografi dapat digunakan untuk berbagai tujuan, termasuk komunikasi yang aman, perlindungan data, dan pelanggaran hak cipta. Penting untuk dicatat bahwa meskipun steganografi dapat menjadi alat yang berguna untuk mengamankan komunikasi, steganografi juga sering digunakan untuk tujuan jahat dan dapat menjadi ilegal dalam beberapa keadaan.

Steganografi adalah praktik menyembunyikan pesan, gambar, atau file di dalam pesan, gambar, atau file lain. Ini adalah cara untuk berkomunikasi secara diam-diam, dengan menyembunyikan keberadaan pesan dalam objek yang tampaknya biasa atau tidak bersalah. Kata "steganografi" berasal dari kata Yunani "steganos," yang berarti "tertutup atau tersembunyi," dan "graphe," yang berarti "menulis."

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Metaverse Selengkapnya
Lihat Metaverse Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone