Mohon tunggu...
ADI PUTRA (Adhyp Glank)
ADI PUTRA (Adhyp Glank) Mohon Tunggu... Seniman - Saling follow itu membahagiakan_tertarik Universalitas, Inklusivitas dan Humaniora, _Menggali dan mengekplorasi Nilai-nilai Pancasila sebagai Spirit Of Nusantara dalam Rekonstruksi Alam Semesta, Pribadi yang Hobby Riset, Membaca dan Diskursus

-Direktur Forum Reproduksi Gagasan Nasional, -Kaum Muda Syarikat Islam, -DPP KNPI - Bidang Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), -Penggemar Seni Budaya, Pemikir dan Penulis Merdeka, Pembelajar Falsafah Pancasila

Selanjutnya

Tutup

Sosok

Gerakan Budaya: KNPI, Panglima TNI, Kapolri

15 Januari 2023   04:20 Diperbarui: 16 Januari 2023   05:17 237
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ketua Umum DPP KNPI, Panglima TNI, Kapolri, Sumber : Istimewa

Gerakan budaya merupakan sebuah inisiatif dalam merekonstruksi sosial. Ciri dalam Dialektika Gerakan Budaya biasanya berupa simbol-simbol yang diwujudkan dalam sebuah aksi dan kekaryaan untuk menyampaikan pesan moral yang berisi nilai-nilai.

Banyak motif dan tujuan dari terjadinya Gerakan Budaya, sehingga Gerakan Budaya memiliki keunikan tersendiri dalam penghantaran maksud dan tujuan yang terselimuti dalam aksi gerakan tersebut, membutuh suatu keutuhan pengamatan dalam persaksian serta kecerdasan ESQ dalam proses penalaran mengenai nilai-nilai yang dihantarkan dalam simbolis aksi.

Semisal Gerakan Budaya dalam Seni pertunjukan Wayang Orang, pesan moral merupakan nilai-nilai yang dihantarkan dan muncul dari para tokoh yang berperan dalam lakon drama pertunjukan.

Pertunjukan dalam Gerakan Budaya dapat menjadi sarana hiburan, edukasi, kritik, guyon, etika dan estetika dalam beragam seni.

Gerakan Budaya bukan hanya terjadi dan dilakukan di Indonesia saja, melainkan di Negara lainnya seperti halnya di India Oleh Mahatma Ghandi dalam Gerakan Budaya dan Sosial, kemudian di beberapa Negara seperti Arab dan Cina pada abad ke 2 Masehi yang Populer dengan Gerakan Budaya dikemas dalam Kaligrafi atau Seni menulis indah dengan corak dan jenis yang beragam.

Putri Khaerunissa - Ketua Umum DPP KNPI dalam Wawancara, sumber : istimewa
Putri Khaerunissa - Ketua Umum DPP KNPI dalam Wawancara, sumber : istimewa

Kegiatan Gerakan Budaya untuk Pemuda di Indonesia merupakan sesuatu yang sulit untuk di kembangkan, mengingat percampuran budaya (akulturasi) sangat melekat pada muda mudi di era millenial saat ini dalam infiltrasi budaya dalam kemasan trend.

Tentunya tidak semua para pemuda dan Pemudi Indonesia tidak peduli terhadap Budaya Bangsanya sendiri, buktinya DPP KNPI yang di Pimpin Oleh seorang Perempuan Tangguh Putri Khaerunissa, sangat lentur dan apik mengadaptasikan diri dalam kolaborasi seni Pagelaran Wayang Orang bersama Panglima TNI dan Kapolri yang berjudul "Pandawa Boyong" untuk memperingati hari Dharma samudera yang digelar di Taman Ismail Marzuki (14-15/1/2023)

Pagelaran Wayang Orang Pandawa Boyong, sumber : istimewa
Pagelaran Wayang Orang Pandawa Boyong, sumber : istimewa

Kapolri dan Panglima TNI dalam Pagelaran Wayang Orang
Kapolri dan Panglima TNI dalam Pagelaran Wayang Orang "Pandawa Boyong", sumber : istimewa

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosok Selengkapnya
Lihat Sosok Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone