Mohon tunggu...
Egia Adi Sipayung
Egia Adi Sipayung Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Sumatera Utara

traveler Story

Selanjutnya

Tutup

Medan

Kereta Api Bandara yang Mempermudah Akses Kualanamu menuju Kota Medan

3 November 2022   15:58 Diperbarui: 3 November 2022   16:09 256
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Stasiun Kereta Api Medan, dok. pribadi

Meskipun Pandemi belum resmi usai di Indonesia, namun sejak munculnya Vaksin Dosis 3 bagi masyarakat membuat bandar udara kembali ramai. Perjalanan domestik kini kembali padat oleh penumpang yang hendak bepergiaan ke luar kota. Sama hal nya dirasakan di Bandara Kualanamu International Airport, sudah banyak masyarakat yang kembali memadati seluruh area bandara ini. sejak pandemi, bandara Kualanamu sempat berhenti beroperasi dan membuat para pedagang cendramata dan oleh - oleh di area bandara juga terkena dampaknya. 

jarak antara Bandara Kualanamu ke pusat kota Medan kurang lebih mencapai 40km apabila di lakukan perjalanan melalui jalan Tol. bagi pengendara sepeda motor akan lebih memakan banyak waktu untuk dapat tiba di Bandara Kualanamu. hal tersebut karena jarak antara Bandara dengan Pusat Kota Medan yang cukup jauh. Bandara Kualanamu terletak di Kecamatan Beringin, Kabupaten Deli Serdang. perjalanan dengan sepeda motor akan melewati daerah Amplas, Medan kemudian masuk ke Kota Tanjung Morawa dan kemudian melewati Simpang Batang Kuis untuk dapat tiba di Bandara. tentu saja, hal tersebut sangat memakan waktu serta biaya yang cukup banyak. 

saat ini di Bandara Kualanamu, Kereta Api Bandara Railink telah beroperasi kembali. Harga tiket yang cukup relavan sekitar RP.70.000,- kita bisa menghemat banyak waktu. Apabila perjalanan menuju pusat Kota Medan dengan sepeda motor atau mobil ditempuh sekitar 1 jam, kereta Api bandara hanya butuh 23 menit untuk sampai di Stasiun Kereta Api yang titiknya berada di pusat kota Medan. Stasiun Kereta Api Bandara Kuala Namu terletak megah di area komando gedung Bandara Internasional Kuala Namu dengan luas total kurang lebih 10.000 m2. Stasiun bandara terhubung ke gedung inti bandara dengan dua terminal penumpang di lantai dua, yang memfasilitasi akses  penumpang. 

Fasilitas yang baik bisa di dapatkan di dalam kereta. Seperti tempat menyimpan barang bawaan baik koper maupun kardus, kemudian disediakan AC yang dingin, serta jendela yang lebar serta bersih membuat penumpang kereta Api Bandara merasa cukup puas dengan melihat-lihat pemandangan sekitar. 

Untuk pembelian tiket Kereta Api menuju pusat Kota Medan, dapat diakses melalui aplikasi seperti Traveloka, Tiket.com atau dapat juga dibeli secara langsung  ( OTS ) di Bandara Kualanamu lantai 1 dekat Pintu Kedatangan. Namun pembayaran saat ini hanya melayani Debit, atau E-MONEY. Saat ini,  jumlah perjalanan dari Stasiun KA Bandara Medan menuju Stasiun KA Bandara Kuala Namu ataupun sebaliknya  adalah 40 Perjalanan/hari.  

Nah, apakah kamu tertarik untuk mencoba Kereta Api Bandara Railink? 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Medan Selengkapnya
Lihat Medan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone