Mohon tunggu...
Advertorial
Advertorial Mohon Tunggu... Editor - Akun resmi Advertorial Kompasiana

Akun resmi Advertorial Kompasiana

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Pertumbuhan Industri Otomotif Meningkat Tajam, Pameran Otomotif IIMS 2023 Menjadi Platform Unik untuk Mendatangkan Investor pada Sektor Otomotif

17 Februari 2023   16:05 Diperbarui: 17 Februari 2023   16:07 126
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Jakarta, 16 Februari 2023 -- International Indonesia Motor Show (IIMS) merupakan kesempatan bagi pemerintah untuk menunjukkan upayanya mendukung sektor otomotif dan menunjukkan komitmennya dalam mendorong pertumbuhan ekonomi melalui industri kreatif. Hal tersebut sejalan dengan tagline IIMS 2023, yakni BOOST "Bringing Opportunity for Otomotive Society Together".

Pameran otomotif tahunan ini akan berlangsung pada 16-26 Februari 2023 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, dengan memperlihatkan perkembangan dan inovasi terbaru dalam industri otomotif. Perekonomian Indonesia telah tumbuh secara stabil dalam beberapa tahun terakhir, dengan rata-rata tingkat pertumbuhan tahunan sebesar 5% dan diperkirakan akan terus meningkat hingga 2024 mendatang (bi.go.id). 

Industri otomotif juga disebut sebagai salah satu faktor utamanya, selain peningkatan investasi di bidang infrastruktur, pertumbuhan kelas menengah, dan peningkatan belanja konsumen. 

Pemerintah telah mendukung industri otomotif terhadap industri kreatif di bidang otomotif untuk mengadopsi teknologi baru, berinvestasi dalam research and development, memproduksi kendaraan yang lebih maju dan efisien. 

Pemerintah serius mendorong pengembangan kendaraan berbasis listrik guna mendukung upaya pengurangan emisi karbon, memberikan peluang baru terhadap ekonomi dan hilirisasi sumber daya alam, serta penguatan teknologi untuk menopang produktivitas industri nasional di masa depan. 

Seperti yang dilansir dalam kemenperin.go.id, pemerintah terus memacu penerapan teknologi dan peningkatan investasi di sektor otomotif nasional, termasuk mengakselerasi pengembangan kendaraan listrik roda dua, tiga, serta roda empat atau lebih yang berbasis baterai listrik maupun mild hybrid dan strong hybrid

Dok. IIMS
Dok. IIMS

Melalui IIMS 2023, pemerintah berjalan beriringan dengan pameran bergengsi tahunan ini untuk mendorong percepatan migrasi kendaraan elektrik. "Saya mengajak seluruh industri otomotif untuk lebih berorientasi pada ekspor. Memang peningkatannya sudah cukup tajam dari tahun 2021 ke tahun 2022, dari 300 ribu kurang lebih sudah naik ke hampir 600 ribu. Ini saya juga ingin mengucapkan terima kasih pada industri otomotif yang sudah meningkatkan ekspornya ke 100 persen, tapi kita masih kalah dengan Thailand. Sehingga saya ingin mendorong lagi, agar ekspornya semakin tinggi dan naik setiap tahunnya," ujar Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, pada pembukaan IIMS 2023 (16/2). 

Lebih lanjut Jokowi menekankan mengenai kendaraan listrik, "Mengenai tren dunia yang ke depan ini semuanya akan, semua negara ini akan mendorong penggunaan mobil listrik. Saya juga mengajak industri otomotif untuk mulai melihat tren ini dan sedikit demi sedikit untuk menggeser industrinya ke arah tren yang hampir semua negara sekarang ini ke arah itu, dari combustion geser sedikit-sedikit ke mobil listrik. Karena pemerintah juga sekarang ini terus mendorong agar dari hulu sampai ke hilir, ekosistem besar mobil listrik ini segera bisa kita miliki sehingga bisa masuk ke supply chain global. Dari EV battery, dari lithium battery, semuanya akan terus kita dorong agar ini segera bisa selesai." 

IIMS 2023 Juga Berdampak bagi Sektor Industri MICE 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone