Mohon tunggu...
Afdalina Amalul Hadist
Afdalina Amalul Hadist Mohon Tunggu... Mahasiswa - UIN Malang

...

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa KKM Kelompok 104 UIN Malang Sukses Tutup Pengabdian di Sekolah dengan Perlombaan

26 Januari 2023   10:38 Diperbarui: 26 Januari 2023   10:50 67
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Lawang, Malang -- Mahasiswa KKM (Kuliah Kerja Mahasiswa) Kelompok 104 UIN Maulana Malik Ibrahim Malang adakan berbagai perlombaan sebagai penutup pengabdian di SDN 3 Wonorejo, Kec. Lawang, Kab. Malang pada Kamis (19/1/2023).

"Perlombaan diadakan sebagai bentuk perpisahan dan momentum untuk mengucapkan terima kasih oleh kakak-kakak KKM UIN Malang kepada guru-guru serta murid-murid selama mengajar di SDN Wonorejo 3" ujar Azis Tanu Wijaya, ketua KKM Kelompok 104.

Terdiri dari lima macam perlombaan, diantaranya lomba menggambar, lomba sederet (sedotan karet), lomba makan kerupuk, lomba memasukkan paku ke dalam botol, hingga lomba joget balon. Diadakan sejak pukul 8 pagi, perlombaan ini sukses dilaksanakan di halaman SDN 3 Wonorejo.

Dimulai dengan lomba menggambar, perlombaan ini ditujukan kepada murid SDN 3 Wonorejo yang berada di bangku kelas 1, 2 dan 3. Dalam perlombaan ini, peserta diharapkan menuangkan kreativitasnya dalam bentuk karya sesuai tema yang ditentukan oleh panitia. Perlombaan kali ini mengusung tema sekolah, sehingga peserta harus menggambar elemen-elemen sesuai dengan tema tersebut.

Dengan durasi waktu kurang lebih satu jam, peserta harus menyerahkan hasil karyanya kepada panitia. Tak disangka, beberapa murid yang biasanya tidak terlihat dominan di pembelajaran menghasilkan karya yang luar biasa.

Berakhirnya perlombaan menggambar menandakan lanjutnya perlombaan lain. 4 lomba yang diadakan setelah lomba menggambar adalah makan kerupuk, sederet, memasukkan paku ke dalam botol, hingga joget balon. Lain halnya dengan lomba menggambar, keempat perlombaan ini bisa diikuti oleh seluruh jenjang kelas, mulai dari kelas 1 hingga 6.

Dokpri
Dokpri

Keseruan dari perlombaan ditunjukkan sejak awal diadakannya lomba. Murid SDN 3 Wonorejo merasa perlombaan ini bisa memberikan hiburan di tengah suntuknya pembelajaran. Meskipun tak berlangsung terlalu lama, perlombaan ini sukses menuai tawa dan senyuman bahagia dari seluruh penduduk SDN 3 Wonorejo. Di akhir acara, panitia membagikan hadiah bagi para pemenang perlombaan sekaligus dilanjutkan dengan perpisahan.

Dokpri
Dokpri

"Terima kasih kepada dewan guru yang telah menerima kelompok kami untuk berbagi ilmu di SDN 3 Wonorejo. Meskipun kurang dari sebulan, semoga apa yang kami berikan bisa menjadi kenangan yang baik di hati dewan guru maupun murid-murid." ucap Fairuz, salah satu anggota KKM Kelompok 104 dalam sambutannya.

Keseruan dari diadakannya perlombaan ini tidak lupa didasari atas dukungan dari dewan guru. Dengan memfasilitasi mic, sound, dan beberapa properti lain, dewan guru memberikan dukungan penuh kepada KKM Kelompok 104 untuk memberikan kenangan kepada sekolah.

"Saya mewakili dewan guru ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada kakak-kakak dari UIN Malang, kami merasa senang dengan adanya bantuan dari kalian. Tak lupa ingin meminta maaf apabila murid SDN 3 Wonorejo merepotkan kakak-kakak sekalian," tutup Wartiningsih selaku Kepala Sekolah SDN 3 Wonorejo.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone