Mohon tunggu...
Dr. Agus Hermanto
Dr. Agus Hermanto Mohon Tunggu... Dosen - Dosen Hukum Keluarga Islam

Dr. Agus Hermanto adalah dosen di salah satu Perguruan Tinggi di Lampung, selain itu juga aktif menulis buku, jurnal, dan opini. Penulis juga aktif di bidang kajian moderasi beragama, gender dan beberapa kajian kontemporer lainnya.

Selanjutnya

Tutup

Seni

Dr. Agus Hermanto; Salam Literasi

20 Januari 2023   08:39 Diperbarui: 20 Januari 2023   08:46 57
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Seni. Sumber ilustrasi: Unsplash

Salam Literasi

Berliterasi merupakan salah satu aktivitas yang menarik dan menyenangkan, karena berliterasi bukanlah potensi melainkan adalah keterampilan dari sebuah renungan dan olah pikir yang dibarengi dengan ketenangan hati dan jiwa.

Kalimat yang menarik yang dapat memotivasi adalah tutur Imam Al Ghazali, "Jika engkau dilahirkan bukan dari keturunan raja, dan bukan keturunan ulama  maka jadilah penulis"

Sebuah tulisan akan senantiasa ada meskipun jasad kita telah tiada, "Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah pekerjaan untuk keabadian" Pramoedya Ananta Toer.

Begitu indahnya berliterasi, karena dengan berliterasi akan muncul banyak ide, pemikiran dan inovasi, dan dengan tulisan akan senantiasa menjadi hal yang disegani. Napoleon Bonaparte mengatakan, "Aku lebih takut dengan orang yang memegang pena (penulis) daripada prajurit yang bersenjatakan lengkap".

Tulisan adalah pengikat bagi setiap ide, pemikiran yang ada pada benak kita yang akan abadi, sehingga Imam Al Syafi'i mengatakan, "Sebuah Ilmu adalah buruan, dan tulisan adalah pengikutnya, ikatlah buruan anda (ilmu anda) dengan ikatan yang sangat kuat".

Setiap kita memiliki ide, pemikiran yang dianugrahkan Allah SWT, dan dengan anugrah itulah setiap kita memiliki gagasan untuk selalu berinovasi dan melakukan rekonstruksi. Ide yang ada pada benak kita adalah kata hati yang suci dan murni dari Ilahi, sehingga harus kita tuangkan dalam sebuah karya nyata dan bukan sebuah kata-kata, karena sebuah karya nyata merupakan pengikat bagi setiap gagasan kita yang dapat dinikmati dan bermanfaat bagi orang lain secara luas dan tanpa batas, bahkan diibaratkan ilmu seperti buruan yang harus diikat dengan  tulisan agar ide itu tidak hilang dan lepas dari benak kita.

Mari kita berliterasi agar senantiasa abadi mesti kta telah mati, Ali bin Abi Thalib mengatakan, " Semua orang akan mati kecuali karyanya, maka tulislah sesuatu yang akan membahagiakan dirimu di akhirat kelak".

Semoga kita senantiasa diberikan kejernihan pikiran sehingga muncul ide-ide cemerlang.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Seni Selengkapnya
Lihat Seni Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone