Mohon tunggu...
Agustinus Sukamdi
Agustinus Sukamdi Mohon Tunggu... Guru - Belajar, belajar dan belajar untuk menulis supaya lebih baik. Literasi sebagai wujud nyata pengembangan pendidikan.

Pendidikan, Fiksiana, Humaniora

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Bekerja di Sekolah Wajib WFO

25 Januari 2023   17:40 Diperbarui: 25 Januari 2023   17:41 64
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Peserta didik SMP Xaverius 1 Palembang. Dokumentasi Pribadi @Sukamdi

Proses pembelajaran untuk peserta didik saat Pandemi sungguh memprihatinkan bagi pendidik, peserta didik maupun orang tua. Hal ini bisa diidentifikasi dari masing-masing subyek tersebut.

1. Pendidik

Dilihat dari sudut pandang pendidik, banyak kekurangan dalam proses pembelajaran dikarenakan keterbatasan waktu bagi pendidik untuk menjelaskan meskipun menggunakan metode maupun media pembelajaran. Pendidik tetap tidak lepas dari penjelasan meskipun menggunakan berbagai metode dan media pembelajaran karena harus mengemukakan tujuan pembelajaran dan langkah-langkah pembelajaran. 

Begitu juga dalam hal waktu, sebelum dan sesudah Pandemi waktu normal untuk tingkat SMP bahwa satu jam pelajaran yaitu 40 menit, sementara selama Pandemi harus dikurangi sesuai ketentuan yang ada yaitu 20 menit untuk satu jam pelajaran. 

2. Peserta Didik

Dari sudut pandang peserta didik untuk mengikuti pembelajaran secara online juga kurang diminati karena ada tugas yang mungkin lebih banyak dibanding pembelajaran secara offline. Media yang digunakan selain classroom yang disediakan oleh pemerintah dalam hal ini Kemendikbud dirasa masih kurang dengan penggunaan Google meet maupun zoom yang berbayar. Mengapa? Ternyata anak-anak kurang disiplin diri untuk membuka kamera. 

Terkait penugasan baik yang terstruktur maupun yang tidak terstruktur masih harus dibantu oleh orang tua. Hal ini yang memungkinkan peserta didik satu dengan yang lain ada yang kecewa maupun senang.

Setelah sekolah kembali normal seperti saat ini, peserta didik lebih senang untuk pembelajaran langsung karena ternyata peserta didik lebih senang bertemu dengan temannya juga bisa belajar dengan teman sejawat dan tentunya bisa bermain bersama-sama.

3. Orang Tua

Dari sudut pandang orang tua tentu berbeda lagi permasalahan yang ada. 1). Tentang biaya ternyata harus tetap mengeluarkan biaya untuk tambahan kuota lebih dan juga uang saku meskipun tetap belajar di rumah. 2). Mungkin dari penjelasan materi dari para pendidik ada beberapa peserta didik yang belum bisa menangkap materi dengan sempurna sehingga orang tua harus membantu pekerjaan dari peserta didik. Jadi kesibukan orang tua bertambah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone