Mohon tunggu...
Alfira Pritami
Alfira Pritami Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

mahasiswa semester akhir

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Program Magang di Pengadilan Negeri Jember, Mahasiswa Terlibat dalam Proses Sidang

26 Januari 2023   12:47 Diperbarui: 26 Januari 2023   12:56 33
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pengadilan Negeri menjadi salah satu yang memegang peran penting dalam menegakkan keadilan. Banyak masyarakat pencari keadilan yang menggantungkan kepercayaannya terhadap hukum di Pengadilan. Mulai dari pendaftaran perkara hingga dijatuhkannya sebuah putusan dalam persidangan terjadi di Pengadilan.

Dengan adanya Program Magang Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), dimana salah satu kegiatannya yaitu magang pada instansi yang bermitra dengan Fakultas Hukum Universitas Jember. Pengadilan Negeri Jember menjadi salah satu instansi yang bermitra dengan Fakultas Hukum Universitas Jember untuk dapat menjalankan Program Magang MBKM tersebut. Program ini menjadi wadah bagi mahasiswa untuk dapat terjun langsung pada dunia kerja yang berkaitan langsung dengan bidang yang di tempuhnya dalam perkuliahan.

Salah satu mahasiswa Program Magang MBKM di Pengadilan Negeri Jember yaitu Alfira dari Fakultas Hukum Universitas Jember. Kegiatan magang di Pengadilan Negeri Jember tersebut berlangsung sejak 29 Agustus hingga 2 Desember 2022. Dalam pelaksanaannya, banyak sekali pengalaman dan pengetahuan-pengetahuan baru yang diperoleh dalam hal penerapan praktek di dunia kerja. 

Kegiatan yang berlangsung selama kurang lebih 4 bulan tersebut diantaranya yaitu memahami mulai dari proses awal pendaftaran perkara di Pengadilan Negeri Jember melalui PTSP hingga diputus dalam persidangan, menyaksikan secara langsung proses persidangan mulai dari pembacaan Dakwaan hingga pembacaan Putusan. 

Selain itu, mahasiswa magang juga terlibat dalam beberapa hal lain yang merupakan bagian penting dalam berlangsungnya sebuah persidangan, diantaranya memahami dan membantu Panitera Pengganti dalam menyusun Berita Acara, Penetapan, Perpanjangan Penahanan,  penyusunan Putusan, mengelompokkan dan menyusun berkas perkara, memahami peran penting PTSP, memahami terkait pembayaran panjar perkara dalam perkara Perdata, memahami terkait sita, hingga pada proses akhir yaitu pengarsipan berkas yang telah berkekuatan hukum tetap (BHT).

Dokpri
Dokpri

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone