Mohon tunggu...
Ali Harsojo
Ali Harsojo Mohon Tunggu... Guru - Guru

Saya adalah guru biasa yang suka belajar, menulis dan berbagi. Terutama tentang pendidikan, budaya, dan literasi.

Selanjutnya

Tutup

Hobby

Hobi Tak Biasa, Minggu Jadi Luar Biasa

22 Januari 2023   20:00 Diperbarui: 22 Januari 2023   20:01 43
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Hari Minggu, seharusnya menjadi hari yang terbaik bagi keluarga, untuk berkumpul. Banyak yang mengatakan bahwa hari libur itu hari keluarga atau quality time family. Apapun istilahnya, berkumpul dengan keluarga adalah hal yang membahagiakan. Sebab, sepekan penuh, kadang kita bekerja hingga sore hari. Sehingga, berlama-lama dengan keluarga menjadi berkurang. Apalagi, setelah pulang kerja kita kelelahan. Praktis, lebih banyak beristirahat ketika tiba di rumah.

Namun, melakukan kegiatan di hari Minggu atau hari libur lainnya, bukan sesuatu yang salah. Banyak juga, dari sebuah keluarga justru dapat menyalurkan hobinya saat hari libur tiba. Bisakah? Padahal setiap anggota keluarga memiliki hobi yang berbeda. Jadi, tidak mungkin mengambil keputusan yang sama. 

Di sinilah uniknya, menunaikan hobi itu. Jika seorang ayah hobi memancing, maka kemungkinan kecil untuk bisa membawa anak dan istrinya ke tengah laut. Selain hobinya tidak sama, juga menjaga keselamatan keluarga. Selain itu, juga bisa jadi anak-anaknya mengganggu aktivitas memancing.

Nah, ada hobi yang unik. Dulunya, saya suka memancing. Hobi berat, sepertinya. Namun, sejak beberapa tahun terakhir disibukkan dengan pekerjaan. Maklumlah, sebagai tenaga pengajar, harus mendahulukan kewajiban mengajar dan mendidik murid. Hobi memancing mulai hilang dari ingatan. 

Tetapi, saya sangat senang berkumpul dan berdiskusi dengan teman sejawat. Berkolaborasi dan belajar bersama. Termasuk pada waktu hari libur. Justru, waktu yang sering kami gunakan adalah libur akhir pekan. Lalu, apa yang didiskusikan. Kalau saya, asyik belajar dan berbagi seputar kegiatan pendidikan. Mulai dari kegiatan pelatihan atau workshop menulis, materi kurikulum, mengembangkan blog atau web, membincang keseruan jualan atau bisnis kecil-kecilan dan sebagainya.

Aktivitas di hari ini, sebenarnya bukan hobi. Tetapi, lama-lama senang juga membuat jadwal belajar dan berbagi di hari Minggu. Sehingga, semakin berjalannya waktu, semakin intens mengadakan acara di hari Minggu dalam skala kecil. Ada saja materi yang kami diskusikan. Semakin asyik dengan frekuensi yang sama.

Hari ini pun, kita belajar bersama tentang menulis produktif di Blog. Dalam pelatihan, ada yang menyampaikan bahwa untuk membangun relasi dengan banyak pihak, terutama para penulis blog atau web adalah saling support. Bentuk saling support itu adalah saling mengunjungi blog sahabat semua, mengikuti atau follow, memberikan umpan balik dan apesiasi. Sungguh akan menghadirkan energi yang luar biasa dalam spirit menulis. Benar juga.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone