Mohon tunggu...
Al Johan
Al Johan Mohon Tunggu... Administrasi - Penyuka jalan-jalan

Terus belajar mencatat apa yang bisa dilihat, didengar, dipikirkan dan dirasakan. Phone/WA/Telegram : 081281830467 Email : [email protected]

Selanjutnya

Tutup

Medan Pilihan

Pos Bloc Medan, Wajah Baru Kantor Pos Medan

2 November 2022   08:40 Diperbarui: 2 November 2022   18:23 1160
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pos Bloc Medan, Wajah baru Kantor Pos Medan (dokpri)

Bangunan Kantor Pos Medan yang terletak di Jalan Pos no 1, Kesawan, Medan, meski sudah berusia lebih dari 111 tahun masih terlihat gagah dan megah. Pada dinding bagian luar terdapat ukiran ANNO 1911 yang menunjukkan tahun berdirinya gedung tersebut.

Bangunan yang memiliki luas bangunan 1.200 meter persegi, lebar 20 meter, panjang 60 meter, serta tinggi 20 meter ini, didirikan pada masa pemerintahan kolonial Belanda pada saat kepemimpinan Residence J. Ballot. Pembangunannya memakan waktu dua tahun, mulai tahun 1909, selesai tahun 1911. 

Perancangnya adalah arsitek Belanda bernama Simon Snuyf dari Burgelijke Openbare Werken, semacam Dinas Pekerjaan Umum Hindia Belanda.

Selama ini Kantor Pos Medan telah menjadi salah satu landmark Kota Medan. Bangunan tersebut juga telah ditetapkan sebagai Bangunan Cagar Budaya sesuai dengan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2010 dan Peraturan Daerah Kota Medan Nomor 2 Tahun 2012. 

Selain kantor pos, di sekitarnya juga terdapat bangunan cagar budaya lain seperti Hotel De Boer yang kini menjadi Hotel Inna Dharma Deli, Javasche Bank atau Bank Indonesia dan Gedung Balai Kota Lama Medan.

Pos Bloc Medan

Kini, Kantor Pos Medan punya wajah baru. Gedung tersebut telah direvitalisasi menjadi Pos Bloc Medan, sebuah ruang kreatif, creative hub, multi fungsi bagi berbagai komunitas kreatif, pengembangan talenta lokal, pemberdayaan bisnis UMKM dan UKM.

Proyek ini merupakan hasil kolaborasi antara PT Pos Properti Indonesa, anak perusahaan PT Pos Indonesia, dengan PT Ruang Kreatif Pos. Kedua belah pihak sebelumnya juga telah melakukan revitalisasi Gedung Filateli Jakarta, di kawasan Pasar Baru, Jakarta Pusat, menjadi Pos Bloc Jakarta.

Menurut Direktur PT Pos Properti Indonesia, Handriani Tjatur Setijowati, keberadaan aset-aset Pos Indonesia di seluruh Indonesia adalah salah satu kekuatan BUMN tersebut. Banyak di antaranya merupakan bangunan heritage peninggalan Kolonial Belanda. Pemanfaatan bangunan heritage untuk kegiatan anak-anak muda merupakan sebuah keunikan tersendiri.

Grand Opening Pos Bloc Medan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Medan Selengkapnya
Lihat Medan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone