Mohon tunggu...
Alnysa Purwita
Alnysa Purwita Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi UPN Veteran Jawa Timur

Mahasiswi Semester 5 dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN Veteran Jawa Timur.

Selanjutnya

Tutup

Surabaya

Magang di Kelurahan sebagai Pendamping Layanan Administrasi Kependudukan

29 November 2022   16:05 Diperbarui: 1 Desember 2022   06:21 236
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pelayanan di Kelurahan (dokpri)

Sumber : Dokumen Pribadi
Sumber : Dokumen Pribadi

Sebelumnya, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Surabaya telah membuka program Merdeka Belajar Kampus Merdeka-Adminduk (MBKM-A) yang mana merupakan hasil dari kerjasama antara Pemerintah Kota dan beberapa Perguruan Tinggi di Surabaya pada awal tahun 2022. Kini Dispendukcapil Surabaya kembali hadir  dalam Kegiatan Magang Bersertifikat dan telah menjadi mitra resmi dari Kemdikbudristek dalam penyelenggaraan program Kampus Merdeka untuk kegiatan Magang Merdeka.

Administrasi Kependudukan sebagai dasar dari semua pelayanan yang diberikan kepada masyarakat, merupakan suatu rangkaian kegiatan penataan dan penertiban dokumen dan data kependudukan mulai dari kelahiran hingga kematian. Para peserta magang akan disebar penempatannya di 153 kelurahan yang ada di Surabaya, sebagai Pendamping Layanan Administrasi Kependudukan. Kegiatan yang dilakukan kurang lebih selama lima bulan ini disusun untuk mahasiswa yang ingin membantu Pemerintah Kota Surabaya dan terjun langsung sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat dalam memberikan pelayanan adminitrasi kependudukan.

Untuk meningkatkan kesadaran  masyarakat akan pentingnya adiministrasi kependudukan, Dispendukcapil Surabaya telah berinovasi melalui program KALIMASADA (Kawasan Lingkungan Masyarakat Sadar Administrasi Kependudukan) dengan mengembangkan aplikasi pelayanan, yaitu Klampid New Generation (KNG). Sehingga masyarakat dapat mengurus administrasi kependudukan secara mandiri dari rumah tanpa perlu datang ke kelurahan. Bagi pengguna android, dapat mendownload aplikasi ini melalui google playstore, sedangkan untuk iOS dapat mengaplikasikan melalui website resmi https://wargaklampid-dispendukcapil.surabaya.go.id/app

Pemerintah Kota Surabaya mengajak serta mahasiswa magang guna mendorong optimalisasi program ini. Selain pegawai kelurahan dan para RT rintisan Kalimasada, setiap peserta magang juga mendapatkan username untuk mengakses aplikasi Klampid New Generation (KNG). Tindakan ini diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi warga yang belum memiliki akun Klampid sehingga pelayanan adminitrasi kependudukan dapat berjalan secara efisien.

Ditulis oleh : Alnysa Purwita

Mohon tunggu...

Lihat Konten Surabaya Selengkapnya
Lihat Surabaya Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone