Mohon tunggu...
alya listyawijaya
alya listyawijaya Mohon Tunggu... Perawat - penata anestesiologi

suka kucing dan hobby nyanyi

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Media Sosial Menjadi Sarang Bertambah Buruknya Kesehatan Mental Seseorang

24 Januari 2023   00:09 Diperbarui: 24 Januari 2023   00:11 39
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Apa itu Kesehatan mental

Kesehatan mental sangat penting bagi kita, Kesehatan mental adalah kondisi dimana hati kita tentram dan tenang,sehingga membuat kita lebih menghargai hidup dan lingkungan sekitar kita.

Seseorang yang mempunya mental yang sehat akan lebih banyak melakukan kegiatan positif yang membuat pengaruh baik bagi keberlangsungan hidupnya. Maka dari itu sebaliknya, seseorang yang mempunyai kondisi mental yang buruk akan mengalami suasana hati yang buruk dan pengaruhnya mungkin akan mengarah kepada perilaku yang buruk dan sesuatu yang tidak di inginkan semua orang.Bahkan untuk orang sekitar.

Penyakit mental dapat menyebabkan masalah dalam kehidupan sehari-hari, tidak hanya dapat merusak interaksi atau hubungan dengan orang lain,lingkungan dan juga dapat menurunkan prestasi di sekolah atau produktivitas kerja. oleh sebab itu, sudah saatnya kita menjalankan pola hidup sehat dan tau bagaimana kondisi mental kita.

Media social menjadi pengaruh Kesehatan mental seseorang

Media social menjadi sarana untuk Sebagian orang menjadi, kurang percaya diri,cemas berlebihan dan membanding-bandingkan diri dengan pencapaian orang lain yang bahkan  bisa menimbulkan depresi.

Atau ada beberapa lagi yang membuat seseorang merasa tidak nyaman dan berpengaruh kepada kondisi mental seseorang yaitu seperti bullying, atau melihat postingan yang tidak nyaman belum lagi kebanyakan orang di social media ingin terlihat lebih baik dari pada kehidupan aslinya sehingga mereka kadang memaksakan,dan tidak menerima apa yang mereka punya dari kehidupan yang sebenarnya.Karena di media social mereka merasa lebih baik,Tidak jarang orang lain bahkan  malu jika bertemu,berbicara langsung dengan orang sekitar karena takut tidak sesuai denga napa yang ada di media social.sehingga berpengaruh kepada kondisi dimana hati menjadi cemas bahkan stress akibat perilaku buruk tersebut.

Ada beberapa jenis kondisi yang sering terjadi :

Stres

stres adalah keadaan ketika seseorang mengalami tekanan yang sangat berat, baik secara emosi maupun mental.

Seseorang yang stres biasanya akan tampak gelisah, cemas, dan mudah tersinggung. Stres juga dapat mengganggu konsentrasi, mengurangi motivasi, dan pada kasus tertentu, memicu depresi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone