Mohon tunggu...
Alya Kania
Alya Kania Mohon Tunggu... Jurnalis - is typing...

typing typing typing

Selanjutnya

Tutup

Sosok

Elektabilitas Ganjar

1 Maret 2022   18:08 Diperbarui: 1 Maret 2022   18:23 104
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Banyak orang mengira, Ganjar akan habis usai konflik Wadas. Popularitas dan elektabilitasnya akan jeblok. Bisa saja terlempar dari tiga besar Capres 2024.

Wajar saja. Saat konflik Wadas terjadi, semua ramai-ramai menyerang Ganjar. Hampir tiap hari, Ganjar dimaki-maki. Tak hanya masyarakat biasa, sejumlah elit politik nasional juga memanfaatkan situasi ini. Seperti menebar sekam dalam api. Mereka asyik ngompori agar Ganjar tak dicintai.

Gubernur goblok, nggak pro rakyat, lebih pro investor adalah narasi yang disebarkan tiap hari. Ujaran kebencian hingga provokasi menyerang Ganjar memenuhi laman media sosial hingga tayangan televisi.

Tapi ternyata serangan itu tak berarti sama sekali. Elektabilitas dan popularitas Ganjar tetap paling tinggi.

Hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) terbaru menjadi bukti. Elektabilitas dan popularitas Ganjar Pranowo sebagai Capres tak terpengaruh sama sekali oleh geger Wadas di Purworejo. Bahkan, capaian elektabilitas Ganjar mengalahkan Anies Baswedan dan Prabowo Subianto.

SMRC melakukan rilis survei Capres 2024 kategori pemilih kritis nasional pada Senin (28/2). Hasilnya, Ganjar masih mendominasi. Ia berhasil menjadi nomor satu, dalam skenario survei yang terbaru.

Untuk kategori top of mind, elektabilitas Ganjar tertinggi dengan perolehan 19,9 persen. Sementara Prabowo Subianto dan Anies Baswedan tercecer cukup jauh di urutan kedua dan ketiga dengan capaian 10,4 persen dan 9,8 persen.

Lanjut ke kategori pertanyaan semi terbuka. Dari puluhan nama yang diusulkan, lagi-lagi Ganjar jadi juaranya. Dia dapat skor 26,8 persen, sementara Prabowo Subianto diurutan kedua dengan margin cukup lebar  yakni 13,9 persen dan Anies 13,7 persen.

Untuk pertanyaan tertutup, dari 15 nama yang diajukan sebagai Capres 2024 oleh SMRC, elektabilitas Ganjar kembali tertinggi. Ia mendapat dukungan 27,5 persen suara. Sementara Anies di urutan kedua dengan capaian 14,8 persen dan Prabowo di urutan ketiga mendapat 14,3 persen.

Nah dalam simulasi tertutup tiga nama, Ganjar cukup jauh meninggalkan Anies dan Prabowo. Elektabilitas Ganjar ketika ditarungkan dengan dua lawannya itu mencapai 34,7 persen. Ia mengasapi Anies di urutan kedua dengan elektabilitas 23,3 persen dan Prabowo dengan 21,9 persen.

Rilis ini cukup mengejutkan. Bukan karena Ganjar menang, tapi rilis ini membuktikan elektabilitas Ganjar tak terpengaruh meski terus diserang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosok Selengkapnya
Lihat Sosok Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone