Mohon tunggu...
Andi BagusSetiawan
Andi BagusSetiawan Mohon Tunggu... Lainnya - pranata humas

Pranata Humas di sebuah instansi Pemerintah Provinsi Jawa Timur, lulusan D3 Poltek ITS yang saat ini sedang menempuh pendidikan transfer S1 jurusan Komunikasi di perguruan tinggi swasta Surabaya.

Selanjutnya

Tutup

Financial

E-Commerce Pilihan Berbelanja Sembari Bekerja

26 Januari 2023   09:17 Diperbarui: 26 Januari 2023   09:32 142
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi dok. pribadi - e-commerce menjadi pilihan berbelanja sembari bekerja

Kemajuan dan perkembangan teknologi digital menyebabkan berbagai peluang bisnis. Terlebih dua tahunan ke belakang disaat era pandemi masih melanda negara ini, e-commerce menjadi salah satu bisnis yang justru bertahan dan bahkan diminati masyarakat, bersamaan diberlakukannya regulasi pemerintah melalui PPKM yang membatasi dan mengontrol mobilitas masyarakat ke luar rumah. 

Salah satu pemanfaatan e-commerce adalah adanya market place yang menjamur dan menguasai kegiatan distribusi dan transaksi. Shopee, Tokopedia, BliBli, JD.ID, Bukalapak merupakan beberapa market place terbesar yang tumbuh dan diminati oleh masyarakat kita.

Dalam pola komunikasi, masyarakat cenderung memiliki pilihan market placenya masing-masing. Aspek usia pengguna, aspek kemudahan fitur bahkan pengalaman ketika mencoba bertransaksi di beberapa market place juga menjadi pertimbangan customer mempunyai market place favoritnya. Hal ini turut diucapkan Anwar, ASN sebuah instansi pemerintah yang lebih menyukai Shoppe karena dinilai lebih kredible dan dapat dipertanggungjawabkan. Sedangkan menurut Ayu, rekan sekerja Anwar lebih menyukai Tokopedia karena dibuat oleh anak bangsa. Saat ini beberapa market place terus mengembangkan aplikasinya melalui berbagai fitur seperti game dan video yang memberikan poin kepada pengguna ketika mereka mengakses dan memainkannya. 

Hingga saat ini pilihan berbelanja online masih menjadi primadona di kalangan masyarakat, khususnya bagi pegawai yang notabene waktu liburnya di rumah digunakan untuk beristirahat daripada pergi berbelanja. Tumpukan paket setiap hari selalu saja ada di meja resepsionis salah satu kantor pemerintahan, membuktikan minat belanja online sangatlah tinggi. 

Kantor masih menjadi pilihan utama alamat pengiriman bagi customer yang juga pegawai, karena mereka bisa langsung membawa pulang paket yang dibelinya tanpa khawatir paket diantar kurir ke rumah dalam kondisi kosong. Market place tidak hanya menghubungkan penjual dan pembeli dalam proses pembayaran dan pengiriman namun juga memberikan bantuan jika ada kendala yang muncul selama proses transaksi. Sembari bekerja kita bisa berbelanja online semua kebutuhan rumah tangga yang dibutuhkan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone