Mohon tunggu...
Angly M Sae
Angly M Sae Mohon Tunggu... Guru - Guru dan Penulis

Guru di SMP-SMA Sekolah Lentera Harapan (SLH) Labuan Bajo. Guru Aktif Literasi dan Pembina Literasi Sekolah. Guru penulis dalam Gerakan Sekolah Menulis Buku Nasional. Salah satu penulis dalam program Aksilarasi Labuan Bajo yang diadakan oleh Kemenparekraf. Penulis buku antologi puisi Pendidikan dalam Situasi Paling Simpang Siur dan terlibat sebagai penulis dalam beberapa buku antologi puisi serta buku kumpulan artikel.

Selanjutnya

Tutup

Halo Lokal Pilihan

Pariwisata Super Premium Labuan Bajo

21 Januari 2023   15:00 Diperbarui: 21 Januari 2023   15:08 152
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: Freepik/Canva

Label wisata super premium adalah label yang melekat pada tempat wisata berkualitas tinggi sehingga siapapun yang mampu membayar biaya tinggi akan mendapatkan fasilitas serta layanan nomor satu. 

Termasuk pelayanan yang dilakukan oleh Sumber Daya Manusia (SDM) setempat. Oleh sebab itu, tempat wisata premium harusnya siap dalam ranah Sumber Daya Alam (SDA) sebagai objek wisata maupun SDM sebagai subjek atau pelaku wisata.

Labuan bajo sebagai Ibu kota Manggarai Barat diproyeksikan sebagai destinasi pariwisata premium kelas dunia yang dapat menjadi daya tarik para wisatawan dari berbagai penjuru dunia. Penataan pariwisata premium di Labuan Bajo diharapkan akan mendukung kegiatan seni dan budaya lokal dengan harapan mampu menciptakan penataan ruang publik yang sesuai dengan karakteristik dan kearifan lokal budaya daerah sehingga dapat mendatangkan devisa, membuka lapangan kerja serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah.

Hal-hal yang semestinya dipikirkan dalam pengembangan pariwisata Labuan Bajo adalah pasar pariwisata itu sendiri, produk yang ditawarkan, serta melibatkan komunitas masyarakat lokal dalam pengembangan pariwisata. Strategi destinasi pariwisata seperti market driven atau mengembangkan destinasi pariwisata berdasarkan preferensi pasar (target pasar) untuk wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara. 

Kemudian product driven yaitu mengembangkan destinasi pariwisata berkualitas internasional berdasarkan potensi, karakteristik dan keunggulan yang dimiliki. Serta community driven yaitu mengembangkan destinasi pariwisata dengan melibatkan peran dan kapasitas masyarakat serta memberikan manfaat dan keberlanjutan sumber daya dalam kegiatan kepariwisataan setempat.

Labuan Bajo menjadi daya tarik para wisatawan dari berbagai negara maupun wisatawan nusantara. Penataan pariwisata super premium di Labuan Bajo diharapkan akan mendukung kegiatan seni dan budaya lokal. 

Wisata Labuan Bajo mestinya siap di ranah SDM maupun SDA untuk menjadi destinasi pariwisata yang berkualitas internasional berdasarkan potensi, karakteristik dan keunggulan yang dimiliki. Dengan demikian, pariwisata Labuan Bajo dapat mendatangkan devisa, membuka lapangan kerja, serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah sehingga berdampak baik pada pendapatan masyarakat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Halo Lokal Selengkapnya
Lihat Halo Lokal Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone