Mohon tunggu...
Angly M Sae
Angly M Sae Mohon Tunggu... Guru - Guru dan Penulis

Guru di SMP-SMA Sekolah Lentera Harapan (SLH) Labuan Bajo. Guru Aktif Literasi dan Pembina Literasi Sekolah. Guru penulis dalam Gerakan Sekolah Menulis Buku Nasional. Salah satu penulis dalam program Aksilarasi Labuan Bajo yang diadakan oleh Kemenparekraf. Penulis buku antologi puisi Pendidikan dalam Situasi Paling Simpang Siur dan terlibat sebagai penulis dalam beberapa buku antologi puisi serta buku kumpulan artikel.

Selanjutnya

Tutup

Halo Lokal Pilihan

Kecelakaan Kapal Wisata (Lagi) di Labuan Bajo

21 Januari 2023   21:20 Diperbarui: 21 Januari 2023   21:25 173
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: Freepik/Canva

Pariwisata Labuan Bajo kembali dihantui kabar tak sedap. Bagaimana tidak, setelah pergolakan terkait isu kenaikan harga masuk Taman Nasional Komodo yang mahal, kini diperhadapkan dengan permasalahan kapal wisata. Hingga kini (21/1/23), sudah terdapat 3 peristiwa naas yang menimpa wisatawan akibat kecelakaan kapal wisata. Terdapat beberapa kasus yang menimpa wisatawan akibat permasalahan kapal, diantaranya:

Kapal bernama KM King Fisher De Seraya yang mengalami mati mesin di perairan Labuan Bajo pada 1 Januari 2023. Kapal wisata tersebut membawa 7 orang WNA, 2 orang WNI, dan 2 orang kru kapal. Semua orang di kapal tersebut berhasil diselamatkan. Kapal ini juga didapati berlayar tanpa ijin berlayar dari KSOP. 

Kapal wisata bernama KM Dunia Baru terbakar di perairan Labuan Bajo pada tanggal 16 Januari 2023. Kapal tersebut membawa 11 wisatawan yang berasal dari Indonesia, Australia, dan Belgia. Semua berhasil diselamatkan.

Kapal wisata bernama KLM Tiana Liveboat tenggelam di perairan Batu Tiga, Labuan Bajo pada tanggal 21 Januari 2023. Kapal tersebut diketahui membawa 14 wisatawan WNA maupun WNI. Semua penumpang berhasil dievakuasi, namun terdapat wisatawan yang terluka berat. 

Peristiwa seperti ini tentunya mencoreng nama baik pariwisata Labuan Bajo yang perlahan bangkit dari keterpurukan akibat seantero dunia dilanda Covid-19. Permasalahan seperti ini, apalagi terus berulang, perlu intervensi dari pemerintah terkait untuk memastikan bahwa sumber daya pariwisata Labuan Bajo siap melayani wisatawan. Hal ini demi menjaga nama baik pariwisata Labuan Bajo yang berkelanjutan dan memastikan keamanan wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara ketika berwisata di Labuan Bajo. 

REFERENSI 

Dihimpun dari akun Instagram Labuan Bajo Info (@labuanbajo_info)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Halo Lokal Selengkapnya
Lihat Halo Lokal Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone