Mohon tunggu...
Angly M Sae
Angly M Sae Mohon Tunggu... Guru - Guru dan Penulis

Guru di salah satu sekolah swasta di Labuan Bajo. Guru Aktif Literasi dan Pembina Literasi Sekolah. Guru penulis dalam Gerakan Sekolah Menulis Buku Nasional. Salah satu penulis dalam program Aksilarasi Labuan Bajo yang diadakan oleh Kemenparekraf. Penulis buku antologi puisi Pendidikan dalam Situasi Paling Simpang Siur dan terlibat sebagai penulis dalam beberapa buku antologi puisi serta buku kumpulan artikel.

Selanjutnya

Tutup

Halo Lokal

Labuan Bajo Berbenah Menyambut ASEAN Leadership Summit 2023

23 Januari 2023   18:00 Diperbarui: 23 Januari 2023   19:20 131
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: Akun Instagram @bongchandra

KTT ASEAN akan dilakukan di Labuan Bajo pada tahun 2023 ini. KTT ASEAN merupakan badan pembuat kebijakan tertinggi di ASEAN yang beranggotakan Kepala Negara atau Pemerintahan Negara Anggota ASEAN.

Pertemuan KTT ASEAN ini rutin dilakukan setiap tahun. Pertama kalinya KTT ASEAN dilakukan di Bali pada 23-24 Februari 1976. Kini akan kembali dilakukan di Indonesia, tepatnya di Labuan Bajo. ASEAN Leadership Summit 2023 yang akan dilaksanakan di Labuan Bajo adalah kelanjutan dari KTT ASEAN ke-40 dan ke-41 di Kamboja. Setelah KTT tersebut dilaksanakan, Indonesia dipercaya menjadi ketua ASEAN pada tahun 2023.

Pada tahun 2023, Indonesia sebagai Ketua ASEAN mengusung tema "ASEAN Matters: Epicentrum of Growth". Melalui tema tersebut, KTT ASEAN 2023 akan fokus pada penguatan kapasitas dan efektivitas kelembagaan ASEAN dan menjadi jangkar stabilitas global di tengah ketikpastian situasi global dan penegakan hukum internasioal.

ASEAN Leadership Summit 2023 akan dilakukan di Labuan Bajo. Oleh sebab itu, Labuan Bajo melakukan pembenahan. Utamanya lokasi untuk diadakannya ASEAN Leadership Summit 2023 ini. Lokasi pertemuan penting ini akan dilaksanakan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Golo Mori di Kecamatan Komodo, Labuan Bajo. Oleh sebab itu, pemerintah melakukan pembenahan jalan dan kawasan tersebut untuk nantinya layak menjadi tempat pertemuan ASEAN Leadership Summit 2023.

Pengembangan fasilitas di Golo Mori, Labuan Bajo untuk mendukung ASEAN Leadership Summit 2023. Sumber: akun Instagram @bongchandra
Pengembangan fasilitas di Golo Mori, Labuan Bajo untuk mendukung ASEAN Leadership Summit 2023. Sumber: akun Instagram @bongchandra

Hingga kini, sudah tampak hasil pembenahan fasilitas. Jalan utama menuju Golo Mori telah rampung. Tentunya dengan pembenahan-pembenahan untuk penyempurnaan. Telah terlihat bangunan-bangunan yang dalam proses pengerjaan. Harapannya dapat selesai tepat waktu untuk mendukung kelancaran ASEAN Leadership Summit 2023 sehingga berdampak baik pada kemajuan pariwisata Labuan Bajo dan daerah sekitarnya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Halo Lokal Selengkapnya
Lihat Halo Lokal Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone