Mohon tunggu...
Anita Hadi Saputri
Anita Hadi Saputri Mohon Tunggu... Freelancer - Seorang ibu | Freelancer

Tertarik pada film, buku dan komik | Email : anita.had[email protected]

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Review Gangnam Zombie: Cuma Serangan Zombie Biasa

21 Januari 2023   17:57 Diperbarui: 23 Januari 2023   13:46 4958
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Poster Gangnam Zombie (HanCinema.com)

Salah satu film yang dinantikan penggemar Korea tahun ini adalah Gangnam Zombie. Dari judulnya kita bisa menebak ceritanya tentang serangan zombie. Hanya saja, melihat film zombie Korea pendahulunya, walaupun temanya sama-sama zombie tapi entah kenapa para sineas Korea ini bisa mengambil sudut pandang yang berbeda-beda. Saya jadi penasaran dengan film zombie yang satu ini.

Gangnam Zombie berkisah tentang serangan zombie di sebuah gedung perkantoran di Seoul. Film ini mengambil setting waktu dua tahun setelah pandemi Covid-19. Diceritakan situasi pasca pandemi orang-orang mulai pulih dan beraktivitas seperti biasa.

Kemudian cerita diawali dengan dua orang pencuri yang hendak mengambil barang di kontainer yang berasal dari Cina. Di dalam kontainer itu ada seekor kucing yang terinfeksi virus zombie. Kucing itu kemudian menggigit salah satu pencuri dan membuatnya berubah menjadi zombie. Ia kemudian menyerang temannya lalu tercebur ke sungai.

Keesokan harinya pria yang terinfeksi ini berjalan-jalan di Seoul. Beberapa polisi berusaha mengamankannya karena ia mencuri dan menakan daging mentah. Namun waktu itu ia belum menyerang manusia. Zombie pertama ini kemudian masuk ke sebuah gedung perkantoran dan mulai menyerang orang-orang di gedung tersebut. Kok tiba-tiba?

Disana ada sebuah kelompok YouTuber yang sedang mengalami krisis karena channel mereka tak kunjung berkembang. Tiba-tiba mereka mendengar ada serangan zombie di gedung mereka. Sang pemimpin pun memaksakan diri untuk meliputnya demi menaikkan jumlah subscriber mereka.

Ceritanya sesimpel itu. Adegan selanjutnya hanya berisi orang hidup yang melawan zombie. Sudah.

Saya agak kaget menonton film ini. Karena ya, begitu aja. Diantara banyak film bertema zombie, film ini mengambil tema yang simpel saja. Mungkin memang tujuan pembuatannya film sederhana ya. Tidak ada cerita lain di dalamnya. 

Ada sebuah kisah cinta antara mantan atlet yang kemudian menjadi YouTuber tapi gagal dengan temannya. Ia naksir sesama pekerja di grup YouTuber itu, dan karena insiden zombie ini ia tanpa sengaja nembak teman dekatnya.

Jika ingin tontonan ringan perkelahian manusia melawan zombie maka film ini akan cukup menghibur. Satu hal yang menarik adalah perlawanan dari orang-orang yang hendak digigit zombie terlihat nyata, grogi, bingung, nggak tahu harus ngapain. Perlawanannya terlihat biasa saja, tanpa tenaga, khas orang-orang kantoran yang tidak punya latar belakang bela diri.

Meskipun ceritanya biasa saja, mungkin justru film ini menggambarkan keadaan orang-orang yang sedang diserang zombie sebenarnya. Nggak heroik, biasa saja gitu.

Gangnam Zombie dibintangi oleh Ji Il-Joo, Park Ji-Yeon, Jo Kyoung-Hoon, Choi Seong-Min dan Tak Teu-In. Film ini berdurasi 81 menit dan bisa dijadikan tontonan ringan sambil minum teh atau kopi.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone