Mohon tunggu...
Annisa BeautyAnanda
Annisa BeautyAnanda Mohon Tunggu... Lainnya - Universitas 17 Agustus 1945

Annisa Beauty Ananda lahir di Surabaya 22 Februari 2001

Selanjutnya

Tutup

Surabaya

Pelatihan Pemasaran Produk Dalam Rangka Meningkatkan Penjualan Produk Olahan Kelengkeng di Desa Simoketawang, Sidoarjo

18 Desember 2022   22:20 Diperbarui: 18 Desember 2022   22:49 79
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

foto-2-639f34de08a8b526d1013492.jpg
foto-2-639f34de08a8b526d1013492.jpg
foto-3-639f34ef110fce06e31721d2.jpg
foto-3-639f34ef110fce06e31721d2.jpg
foto-4-639f3503110fce13846e3452.jpg
foto-4-639f3503110fce13846e3452.jpg
Desa Simoketawang kecamatan Wonoayu kabupaten Sidoarjo provinsi Jawa Timur Mengembangkan buah kelengkeng yang tidak hanya bisa dikonsumsi sebagai buah yang manis, lezat dan baik untuk kesehatan saja, tetapi juga mengolah produk kelengkeng menjadi produk yang dapat dipasarkan. 

Desa ini memiliki beragam keunikan yang menarik wisatawan untuk berkunjung. Namun, untuk menarik wistawan agar menikmati segala keunikan yang dimiliki oleh Desa Wisata Kelengkeng Simoketawang tentunya dibutuhkan konsep pemasaran yang jelas dan tepat. Pemasaran menjadi salah satu faktor penting dalam menunjang keberhasilan tujuan desa ini dalam menjual produk yang dimiliki.

Akan tetapi masih minimnya pengetahuan Ibu-Ibu Asman  tentang strategi atau manajemen pemasaran membuat produk mereka memiliki permasalahan, Pertama belum memiliki kemasan yang menarik Dan logo , kedua harga penjualan produk belum mendatangkan laba yang wajar, ketiga kepengurusan legalitas usaha. Lalu apa yang harus dilakukan untuk mengatasi masalah mendasar tersebut?


Salah satu langkah yang mungkin dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan mengikuti program pelatihan ,pada pelatihan kita akan mendapatkan pengetahuan secara mendasar tentang strategi pemasaran, apa itu manajemen pemasaran, bagaimana cara mengaplikasikannya, bagaimana melakukan perencanaan output suatu produksi, pengertian manajemen operasi dan produksi,serta  pengurusan legalitas usaha yang meliputi izin badan usaha NIB , P-IRT & BPOM sehingga dengan pengetahuan yang kita dapatkan dalam program pelatihan tersebut, kita dapat membuat suatu langkah jitu untuk dapat mendongkrak produksi produk dan penjualan produk

Maka Dari itu Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) dalam program matching fund salah satunya adalah menyelenggarakan pendidikan kewirausahaan dengan melakukan kegiatan pelatihan untuk ibu-ibu PKK Asman Kelasi yang terlibat dalam Pengelolaan Wisata Desa Kelengkeng Desa Simoketawang Kecamatan Wonoayu Kabupaten Sidoarjo. Pelatihan itu sendiri berlangsung antara Agustus sampai November 2022 . 

Pelatihan itu dilakukan guna meningkatkan pengetahuan terkait Tahapan kewirausahaan dalam pengelolaan produk serta pemasaran dan perijinan usaha bagi pelaku usaha di Desa Simoketawang.

Di Desa simoketawang Ibu-Ibu Asman Kelasi lah pelaku usaha yang mengolah ,memasarkan serta menjual produk olahan kelengkeng ,Oleh karena itu, Ibu-Ibu Asman diberi Pelatihan Pemasaran Produk untuk mendalami seperti apa strategi pemasaran yang dapat diterapkan di Desa Wisata Kelengkeng Simoketawang, sehingga akan meningkatkan penjualan produk olahan kelengkeng serta dapat memberikan kontribusi bagi pihak pengelola pariwisata dalam memasarkan produk-produk yang ada di Desa Simoketawang,dan akan membuat pengaruh besar terhadap perkembangan Desa.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Surabaya Selengkapnya
Lihat Surabaya Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone