Mohon tunggu...
Aminah Nur Salma
Aminah Nur Salma Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi jurusan Pariwisata, Universitas Indonesia

Kpop enthusiast.

Selanjutnya

Tutup

Metaverse

Serunya Menjelajahi Kwangya, Metaverse Pertama di Indonesia!

19 Desember 2022   21:25 Diperbarui: 19 Desember 2022   21:52 699
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
                  Tampak Depan [email protected]                      Sumber: Dokumentasi Pribadi

Annyeong, Chingu! K-Pop stan pasti tidak asing lagi dengan agensi bernama SM Entertainment. Mungkin kamu juga bagian dari Pinkblood? Atau kamu stan salah satu grup dari SM? Yuk, sini merapat! Karena SM membawa Kwangya ke Jakarta loh! Wah penasaran gak sih, seperti apa ya Kwangya yang ada di Jakarta? 

Jenis pariwisata niche yang ingin dipromosikan adalah Korean Wave (Hallyu) Tourism dan Shopping Tourism. Destinasi yang dipilih yaitu KWANGYA@JAKARTA. Alasan pemilihan destinasi ini dikarenakan konsep Kwangya yang diterapkan, sehingga keberadaan flagship store di Indonesia memiliki citra yang lebih memikat. Setelah [email protected], dampak positifnya pengunjung akan lebih berpartisipasi dan memiliki nuansa futuristik yang jelas berkat pengalaman virtual.

Dibuka secara resmi untuk umum pada tanggal 3 Desember 2022, [email protected] merupakan flagship store pertama di Indonesia dari agensi musik dan hiburan Korea, SM Entertainment. Lokasinya berada di lantai G, tidak jauh dari Lobby Satrio, Lotte Avenue Kuningan. KWANGYA adalah Brand Pengalaman Metaversal, kita dapat sepenuhnya menikmati K-Culture tanpa batas realitas dan maya. Hal ini menyajikan dunia hiburan masa depan dibuat oleh selebriti, fandom, dan prosumer. Menampilkan pilihan produk resmi K-Pop yang sangat lengkap, termasuk album. Bagi pengunjung, tidak dikenakan biaya apapun alias gratis untuk masuk ke [email protected] Aktivitas yang dapat dilakukan terkait niche tourism di destinasi ini adalah berbelanja, melibatkan mereka yang tertarik dengan konten Hallyu, dan dikhususkan bagi mereka yang ingin merasakan budaya pop Korea serta konten budaya. Target pasar yang cocok untuk [email protected] adalah fans SM Entertainment atau SM Stan, akrab disebut juga sebagai Pinkblood. 

Sebelum memasuki area Kwangya, pengunjung diharapkan untuk berbaris terlebih dahulu menunggu giliran untuk berkunjung ke store. Maksimal kapasitas pengunjung yang diperbolehkan masuk sebanyak 30 orang, dengan durasi kunjungan selama 10 menit. Sembari menunggu dalam antrian, pengunjung dapat melihat etalase yang berisikan susunan album dan merchandise terbaru dari idol grup yang berada di bawah naungan SM Entertainment.

                    Etalase Merchandise & Album                     Sumber: Dokumentasi Pribadi
                    Etalase Merchandise & Album                     Sumber: Dokumentasi Pribadi
Setelah mendapat giliran untuk berkunjung, pengunjung disuguhi dengan berbagai macam merchandise dan album yang telah dirilis oleh idol grup dari SM Entertainment. Untuk barang-barang merchandisenya mulai dari harga Rp 75.000 keatas. Merchandise yang dimaksud terdiri atas: photocard, sticker, postcard, lightstick, gantungan kunci akrilik, aksesoris, dan masih banyak yang lainnya.

                             Etalase Penjualan Merchandise                              Sumber: Dokumentasi Pribadi
                             Etalase Penjualan Merchandise                              Sumber: Dokumentasi Pribadi

                                  Etalase Penjualan Album                                    Sumber: Dokumentasi Pribadi
                                  Etalase Penjualan Album                                    Sumber: Dokumentasi Pribadi

Terdapat layar lebar yang menampilkan MV - MV terbaru dari idol grup SM, yang di bagian bawahnya berupa lantai yang dibentuk kotak-kotak berisikan pasir putih serta album ataupun lighstick dari idol grup SM juga dihiasi dengan lampu cantik berwarna putih. Setelah puas melihat merchandise yang dijual, dan mungkin kamu tertarik untuk membelinya, kamu bisa membelinya dengan membawa barang yang diinginkan ke kasir. Lalu, akan diarahkan oleh staf untuk pembayaran dengan metode pembayaran transfer ke bank Mandiri a.n PT. SMBM Indonesia.

                         Layar Lebar KWANGYA@JAKARTA                          Sumber: Dokumentasi Pribadi
                         Layar Lebar [email protected]                          Sumber: Dokumentasi Pribadi

         Lantai Kaca Pasir KWANGYA@JAKARTA        Sumber: Dokumentasi Pribadi
         Lantai Kaca Pasir [email protected]        Sumber: Dokumentasi Pribadi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Metaverse Selengkapnya
Lihat Metaverse Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone