Mohon tunggu...
Fatkhul Muin kabarseputarmuria
Fatkhul Muin kabarseputarmuria Mohon Tunggu... Jurnalis - Jurnalis Warga,Wiraswasta,YouTuber

Sepuluh tahun lalu berkecimpung memburu dan menulis berita namun saat ini berwiraswasta dan mengembangkan ekonomi kerakyatan di pedesaan. Tetapi hasrat untuk menulis masih menggebu-ngebu kanal kompasiana inilah sebagai ajang pelampiasaan untuk menulis. " Menulis tidak bisa mati " aku tuangkan kreasiku juga di blog pribadiku www.kabarseputarmuria.com selamat membaca dan berbagi informasi No HP : 085290238476 semoga bermanfaat

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Pak Hamm Demak 10 Tahun Tekuni Ternak Kambing PE Juara

19 Januari 2023   13:05 Diperbarui: 19 Januari 2023   16:30 99
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pak Hamm dapat Peringkat 4 kontes Kambing PE se Jawa belum lama ini (Foto: Dokpri)

DemakDemak --  Kambing Kaligesing atau lazim disebut Peranakan etawa cukup diminati banyak orang. Selain untuk hewan sembelihan bisa juga untuk koleksi bagi para penghoby. 

Oleh karena itulah membuat Pak Hamm alias Basori warga RT 05 RW 05 desa Kenduren kecamatan Wedung menekuni usaha peternakan Kambing Etawa. Di kandangnya kini ada 1190 kambing etawa dari mulai kambing sayur sampai dengan Kambing Juara.

Untuk  melihat peternakan kambing etawa pak Hamm ini cukup mudah. Sebelum memasuki desa Kenduren kandang kandang kambing pak Hamm sudah kelihatan. Selain kandang kambing ada juga tempat potong rambut.

"Sebelum ternak kambing pekerjaan utama saya adalah potong rambut meneruskan profesi orang tua. Disela sela potong rambut saya beternak kambing biasa , namun ada teman dari Jepara yang menyarankan untuk ternak kambing etawa ya berjalan sampai sekarang . Sedangkan potong rambut diteruskan anak saya ", kata Pak Hamm pada kabarseputarmuria.com Kamis 19/1/2023

Awalnya ia hanya bermodal beberapa ekor kambing etawa biasa untuk kebutuhan konsumsi. Seiring berjalannya waktu iapun belajar dengan peternak lain untuk memelihara kambing untuk kontes. Iapun membeli kambing dari hasil perkawinan dari pejantan Juara. Kambing itupun ia pelihara sesuai dengan hasil belajar dari teman-teman sesama peternak.

"Saya sudah berkali ikut lomba kontes kambing PE yang terakhir  di Wonosobo kambing  saya yang saya beri nama Buluh Perindu dapat peringkat 4 dari 36  yang ikut kontes. Selain nama dapat nama harga kambing juga melejit tinggi",   tambahnya.

Untuk menekuni usaha ternak kambing PE Kaligesing ini cukup mudah . Jika tidak mempunyai ilmunya bisa datang ke peternak kambing yang sudah berhasil duluan. Untuk di daerah Demak selain dia ada 2 orang lagi yang menekuni usaha ini secara profesional.  Kalau daerah lain seperti Jepara , Pati sudah ada komunitasnya.

Oleh karena itu bagi warga Demak yang ingin belajar beternak kambing kaligesing ini bisa datang ke kandangnya di desa Kenduren. Di tempat ini ia akan memberikan beberapa pengalamannya beternak kambing PE Kaligesing sehingga bisa menang kontes. Saat ini ia mempunyai masih mempunyai beberapa  ekor kambing Juara yang bisa dikawinkan dengan betina lain.

Dok Pribadi
Dok Pribadi
Mm" Usaha beternak Kambing PE Kaligesing untuk kejuaraan cukup prospektif  karena setelah jadi juara harga bisa berlipat yang semula 4 -5 juta bisa lipat 4-5 kali. Pernah saya jual kambing juara seharga 30 dan 36 juta .Semua usaha jika belum ketemu ilmunya memang sulit , dulu saya juga begitu " kata pak Hamm.

Namun sekarang beternak kambing PE Kaligesing sudah tak sulit lagi. Sayangnya di Demak pengusaha tidak banyak jadi keinginan untuk mengadakan kontes belum kesampaian sekarang meski sudah 10 tahun bergelut dalam usaha ini. Saya ingin di Demak ada komunitas peternak kambing kaligesing ini.

Selain itu dia berharap ada dukungan dari Pemerintah  Demak khususnya Dinas yang menangani peternakan untuk membina UMKM sektor ternak PE Kambing Kaligesing ini . Misalnya dengan mengadakan lomba atau Kontes tingkat kabupaten sebagai ajang pertemuan dan silaturahmi peternak PE Kaligesing.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone