Mohon tunggu...
Asep DwiMaulana
Asep DwiMaulana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa di Universitas Jember

Bidang Keahlian Teknik elektro

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Artikel Kampus Mengajar Angkatan 4 2022

26 Januari 2023   12:33 Diperbarui: 26 Januari 2023   12:42 50
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Saya Asep Dwi Maulana merupakan mahasiswa Program studi Teknik Elektro dan termasuk alumni Program Kampus Mengajar Angkatan 4 Tahun 2022. Tempat saya mengabdi berapa di SMP Islam Mayangan Gumukmas, Kabupaten Jember. 

Program MBKM ini diikuti oleh berbagai Universitas swasta ataupun Negeri di Indonesia. Kementrian Pendidikan Indonesia mengadakan program MBKM Kampus Mengajar ialah sebagai bentuk pengabdian mahasiswa kepada masyarakat dalam dunia Pendidikan, terutama pada Lembaga Pendidikan SD dan SMP dengan akreditasi maksimal B, untuk membantu meningkatkan kualitas Pendidikan di Indonesia melaui peran mahasiswa dalam dunia Pendidikan.

Dalam kegiatanya saya Bersama dengan tim banyak mendapatkan pengalaman dari kegiatan kampus mengajar Angkatan 4, mulai dari penyusunan program kerja, pembuatan proposal kegiatan hingga pengalaman mengajar Bersama dengan adik adik siswa siswi SMP Islam mayangan gumukmas, yang begitu aktif dan mudah berbaur. 

Kegiatan penerjunan yang saya lakukan mulai pada tanggal 1 Agustus 2022 hingga tanggal 2 Desember 2022. Banyak hal yang kami dapat, kami juga banyak melakukan metode mengajar yang berbeda terhadap siswa dengan menerapkan praktek pelajaran di luar kelas hingga GBL (Game based Learning) atau pembelajaran berbasis game, dan siswa sangat antuasias dalam mengikuti game yang kami berikan.

Ikut turut serta dalam Lembaga Pendidikan sangat menambah pengalaman dan ilmu baru, terutama dari inu guru pamong yaitu ibu Siti Rohana,S.Pd. dan bapak Dosen Pembimbing Lapangan yaitu bapak Akhmad Jufriadi S.Si.,M.Si yang telah membimbing saya dengan tim dalam mengikuti proses MBKM Kampus Mengajar Angkatan 4 di SMP Islam Mayangan Gumukmas. 

Semoga kedepanya program MBKM Kampus mengajar tetap berjalan dan semoga adik adik tingkat peserta Kampus mengajar Angkatan berikutnya mampu berinovasi lagi dalam dunia Pendidikan khususnya pada Lembaga SD dan SMP di seluruh Indonesia.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone