Mohon tunggu...
Assyifa Beauty
Assyifa Beauty Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

aku seorang perempuan

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Dampak Pembelajaran Daring pada Kesehatan Mata

25 Januari 2023   22:21 Diperbarui: 25 Januari 2023   22:24 42
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Kesehatan mata adalah hal yang sangat penting bagi manusia. Mata adalah alat indra yang penting untuk melihat dan mengirimkan visual informasi ke otak. Mata akan berfungsi dengan baik jika kesehatan nya di jaga, dengn cara membatasi aktifitas penggunaan laptop, HP, TV dan lain lain.

Pada saat pandemic Covid-19 banyak pelajar yang menggunakan metode belajar dengan menggunakan laptop ataupun gawai. Perhatikan bahwa sekitar 75% informasi yang diterima adalah informasi visual. 

Perawatan mata yang dihabiskan untuk melihat layar disebut waktu layar. Beberapa pedoman merekomendasikanlebih dari 2 jam/hari waktu layar untuk anak-anak dan remaja. Rekomendasi saat ini belum disesuaikan dengan kebiasaan remaja. 

Di Cina, 36,8% siswa usia 9 hingga 17 tahun menggunakan media elektronik lebih dari2 jam sehari, sedangkan di Vietnam sebanyak 56% hingga 64% siswa usia 13 hingga 14 tahun menggunakan media elektronik lebih dari 2 jam satu hari. (Rachmawati dkk, Dedember 22, 2020).

Dengan seiring berjalan nya waktu, dengan intensitas penggunaan hp ataupun laptop yang cukup tinggi, pelajar atau mahasiswa perlu utnuk waspada terhadap Computer Vision Syndrom, yaitu gejala kelelahan pada mata karena otot mata kaku yang menyebabkan pengelihatan buram, atau sering di sebut Miopia.

Ada beberapa langkah yang bisa di ambil untuk mengurangi kekakuan otot pada mata:

  • Menggunakan gawai maksimal 2 jam dan jaga jarak pandangan hingga 40 -- 50cm
  • Mengurangi Tingkat kecerahan layar
  • Apabila diharuskan untuk menggunakan gawai lebih dari 2 jam, maka jangan lupa menerapkan rumus 20-20-20: istirahat setiap 20 menit sekali dengan melihat objek sejauh 20 kaki (6 meter) selama 20 detik.
  • Memijat pelan pelipis mata
  • Relaksasi mata dengan memejamkan mata dan mengompresnya dengan telapak yang hangat.

Dengan melakukan langkah langkah di atas, maka kegiatan belajar, mengajar di depan layar tidak merusak atau memperburuk kondisi mata pelajar.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone