Mohon tunggu...
Aulia Nur Shadrina
Aulia Nur Shadrina Mohon Tunggu... Tutor - Penulis yang kadang ga nulis

O-o

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Meromantisasi Sendiri

19 Januari 2023   00:26 Diperbarui: 19 Januari 2023   17:51 75
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Source Picture: Lukas Rychvalsky dari Unsplash.com

Me time, adalah suatu istilah yang pastinya tidak asing di telinga pembaca. Pergi ke mall sendirian, membeli 1 tiket untuk menonton bioskop, memesan 1 minuman dan 1 makanan di café, adalah hal-hal yang biasa dilkukan bilamana seseorang sedang melakukan me time. Ada banyak alasan mengapa seseorang melakukan me time. Mungkin, jika ini kelas dan topik di blog ini ialah suatu pelajaran yang diajarkan seorang guru, seorang anak mungkin mengangkat tangan dan bertanya:

“Orang yang suka me time itu introvert ya?”

Nah, untuk pertanyaan ini, mungkin saya bisa menjawab iya, bisa tidak. Tapi kebanyakan orang di lingkungan saya sih, ya seperti itu. Jawaban ini bisa saja benar dan bisa saja salah, toh saya bukan guru di kelas imajiner tersebut, hehe.

Oke, jawaban serius, saya pikir yang bisa menikmati me time tidak harus seorang yang introvert. Toh, kita bukan berada di dunia distopia dengan pemerintah otoriter yang memiliki polisi di setiap tempat perbelanjaan, café, dan bioskop, yang kemudian akan menanyakan pada setiap orang yang berjalan sendirian sambil mengacungkan pentungan dan bertanya:

“Anda sepertinya sedang melakukan me time, iya atau tidak? Apakah anda introvert? Jika tidak, anda akan dihukum berdasarkan UU tahun 2890, No. …”

Waduh, bisa repot kita bila sistem hukum kita seperti itu. Saya pikir, bahkan extrovert pun perlu me-recharge energy mereka, dan tentu saja, bisa menikmati me time.

Oke, sekarang kita tahu apa itu me time, kegiatan-kegiatan me time, dan bahwasanya tidak selalu introvert yang bisa menikmati me time. Perlu di garisbawahi bahwa introvert tidak sama dengan pemalu! Entah orang mana yang memberikan stereotip bahwasanya introvert adalah pribadi yang kikuk dan sulit untuk bersosialisasi, namun 2 hal tersebut adalah hal yang berbeda! Satunya adalah istilah untuk orang yang energi sosial-nya cepat habis bilamana bersosialisasi dengan banyak orang, satunya adalah gangguan kecemasan yang bisa disembuhkan dengan cukupnya kemauan dari penderita, izin dari Tuhan dan bantuan dari professional! #JusticeforIntroverts >:(

Oke, kembali serius (kenapa penulis nulis oke, oke terus di awal paragraf? Apa penulis tidak tahu alternatif kata awalan yang lain selain ‘oke’?). Ada 1 masalah nih yang saya pikir membuat orang takut untuk me time, apaan tuh? (laki-laki dengan tangan kanan diangkat sampai sejajar dengan kepalanya, telapak tangan tertuju pada penonton, muncul)

Yakni, persepsi orang lain terhadap orang yang me time!

Memang, kita tidak bisa mengubah pikiran orang lain terhadap kita, kecuali kita adalah superhero dengan kekuatan pengendali pikiran. Namun bukan berarti, ketidak bisaan kita itu, membuat kita takut akan apa yang dipikirkan orang terhadap kita. Seperti, “Ah, anak itu duduk sendiri di café, apa tidak punya teman ya?” atau mungkin tatapan menyedihkan yang mbak bioskop berikan ke kita seraya memberikan 1 tiket kepada kita (“Nonton sendirian mas? Mau saya temani? Kebetulan shift saya selesai setelah ini.” dan ternyata mereka berjodoh, ciee.) atau pandangan kasihan seorang yang berjalan dengan teman-temannya di mall, ketikan melihat seseorang me time di mall, yang kemudian orang itu menunjuk si paling me time dan menggosipkan hal itu dengan circle-nya.

Tapi toh, hidup itu pendek! Untuk apa memikirkan apa yang orang lain pikirkan terhadap kita? Apa untungny kita mengedepankan persepsi orng yang bahkan tidak kita kenal terhadap kita dan menunda melakukan hal yang ternyata kita enjoy? Rugi besar loh.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone