Mohon tunggu...
aul tralalala
aul tralalala Mohon Tunggu... Mahasiswa - pelajar

berhobi nyanyi sambil menikmati kopi di sore hari .

Selanjutnya

Tutup

Seni

Kebudayaan Wayang Kulit yang Harus Dilestarikan

17 Januari 2023   23:09 Diperbarui: 17 Januari 2023   23:11 160
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pada dasarnya budaya Indonesia berbagai macam salah satunya wayang kulit. Seni wayang kulit ini berasal dari Jawa Tengah dan Jawa Timur yang pertama diciptakan oleh seorang wali yaitu Sunan Kalijaga. 

budaya ini harus dilestarikan oleh kalangan manapun terutama anak muda karena wayang kulit adalah warisan bernilai tinggi yang mencangkup seni rupa,kriya dan juga seni musik. Wayang kulit juga sudah diakui UNESCO pada 7 November 2003 bahwa budaya ini berasal dari Indonesia.

wayang kulit adalah seni yang menceritakan kisah Ramayana dan Mahabarata yang berakulturasi dengan budaya masyarakat setempat. Tokohnya pun bermacam macam ada yang berperan antagonis salah satunya Rahwana atau Dasamuka dan protagonis seperti Gatutkaca. Pemain wayang kulit disebut Ki Dalang dan diiringi gamelan dan suara sinden.

sumber: foto pribadi
sumber: foto pribadi

Fungsi wayang sendiri adalah untuk hiburan, pendidikan seni bisa juga sebagai media dakwah. Karena dalam ceritanya terdapat alur kehidupan. Dalam pembuatan wayang juga memiliki keunikan yaitu terbuat dari kulit hewan seperti kerbau dan sapi. Supaya elastis dan mudah untuk digerakkan oleh Ki Dalang saat memainkan wayang.

sumber: foto pribadi
sumber: foto pribadi

dengan begitu marilah kita melestarikan wayang karena warisan budaya ini bernilai tinggi dan bisa menghibur semua orang.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Seni Selengkapnya
Lihat Seni Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone