Mohon tunggu...
Nahla
Nahla Mohon Tunggu... Lainnya - Kontributor Lombok Timur

Jadi harus bagaimana? Kuncinya tentu saja jangan menyerah. Perbaiki sesuai saran redaksi, banyak membaca, dan... coba lagi, lagi, dan lagi.

Selanjutnya

Tutup

Halo Lokal

Percuma Punya Kades Kalau Tidak Bersih

23 Januari 2023   08:37 Diperbarui: 23 Januari 2023   09:01 75
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Calon Kades urut 3 yang kini menjabat. Perolehan suara 53 persen mengungguli tiga pesaingnya. Dua di antaranya petahana dan mantan kades sebelumnya. D

Bukan persoalan masa jabatan Kades yang penting tetapi kinerjanya. Masyarakat desa butuh pemimpin yang bersih dan mampu menggerakkan anah buahnya bekerja all out.

Sebab, persoalan di desa sangat beragam dan rumit bila Kades dan anak buahnya tak sepenuh hati melayani dan mencari solusi terbaik, atau mendekati kebenaran.

Di luar program, salah satu tugas berat Kades dan perangkatnya ialah mendamaikan warga sengketa tanah. Sebab, sengketa tanah waris ini menumpuk dan kerap berakhir dengan kekerasan. Tokoh masyarakat dan tokoh agama setempat sudah malas diundang mediasi karena wejangannya tak didengar oleh mereka yang bersengketa. Malah mereka saling lempar kursi bahkan saling tebas.

Petugas desa sedang evaluasi jalan dan parit. Dokpri
Petugas desa sedang evaluasi jalan dan parit. Dokpri

Selanjutnya soal ketersediaan air bersih dan pengelolaan sampah. Persoalan sampah banyak menguras anggaran desa. Baik untuk operasional maupun untuk gaji petugas.

Ketika masyarakat dilibatkan untuk iuran misalnya Rp 3.000 perbulan, tak berjalan serentak dan maksimal. Ini yang menimbulkan kecemburuan sosial di tengah masyarakat.

Kondisi diperparah oleh masyarakat yang nakal tak taat aturan. 

Pengukuran rencana pembuatan jalan ekowisata desa. Dokpri
Pengukuran rencana pembuatan jalan ekowisata desa. Dokpri

Soal keamanan memang menjadi prioritas utama bagi Kades dan perangkatnya. Keberadaan Polsek tak banyak faidahnya bagi masyarakat desa. Curanmor menggila di seluruh tempat. Hampir setiap bulan aksi pencurian sepeda motor berlangsung.

Warga dan perangkatnya galau menghadapi curanmor tersebut. Ketika pencurian ternak (sapi, kerbau, kambing) dapat diatasi, lagi-lagi muncul maling millenial yang sulit dijangkau aksinya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Halo Lokal Selengkapnya
Lihat Halo Lokal Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone