Mohon tunggu...
Berlyan SuryaPPS
Berlyan SuryaPPS Mohon Tunggu... Perawat - Mahasiswa

Kesehatan

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Pelayanan Agama dalam Upaya Meningkatkan Kesehatan Mental

25 Januari 2023   07:51 Diperbarui: 25 Januari 2023   08:06 87
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Nama : Berlyan Surya P.P.S

NIM Belakang : 128

Prodi : Ilmu Keperawatan

           Zaman sekarang banyak perubahan dalalam berbagai aspek kehidupan manusia.  Mulai dari aspek ekonomi, Pendidikan, tradisi dan budaya, perkembangan yang semakin maju. Sangat jarang membuat manusia yang tidak mampu beradptasi terhadap perkembangan zaman ini, hal itu juga mengganggu Kesehatan mental. Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), Kesehatan mental adalah kemampuan adaptasi seseorang dengan dirinya dan alam secara umum, sehingga dapat merasakan bagaimana itu senang, Bahagia, hidup dengan bebas, emnghadapi dan menerima lingkungan sekitar dengan adanya adaptasi tersebut sebagai kenyaatan hidup yang berpengaruh kepada seseorang.

            Terdapat beberapa kriteria manusia dengan Kesehatan mental yang normal yaitu : 1) memiliki perasaan aman, 2) Memiliki penilain diri dan wawasan yang rasional, 3) Memiliki emosional yang tepat, 4)  Memilki kontak realitias secara efisien, 5) Memilki dorongan untuk masuk ke dunia jasmaniahn yang sehat, 6) Mempunyai ilmu yang cukup, 7) Mempunyai tujuan hidup yang akan diingkanya, 8) Mempunyai banyak pengalaman terhadap lingkungan sekitar, 9) Ada kesanggupan untuk memenuhi beberapa kebutuhan hidupnya, 10) Terdapat sikap emansipasi yang sehat terhadap dirinya dan kebudayaan, 11) Terdapat integrasi dalam kepribadian masing masing. Dari beberapa pengertian kriteria tersebut belum memasukkan unsur unsur spiritualitas atau agama sebagai bagian dari Kesehatan Mental. Sebagaimana dalam beberapa tokoh pernah mennyebutkan bahwa Kesehatan mental ialah terwujudnya keserasian yang sungguh sungguh antara fungsin kejiwaan dan terciptanya penyesuaian diri antara manuisa dengan  dirinya sendiri dan juga lingkungan berlandaskan iman dan taqwa yang bermakna dan menentukan kita akan b ahagia di dunia dan akhirat.

            Dalam perkembagan zaman ini, pendekatan agama dalam Kesehatan mental yang tidak mudah diterima begitu saha oleh beberapa kalangan ilmuwan psikologi karena terjadinya aksi dualism pandangan terhadap penggunaan pendekaran dalam beberapa agama. Ada juga beberapa ilmuwan yang setuju sebagai pelopor yang memperhatikan  pendekatan agama dalam beberapa aspek manusia, tetapi di sisi lain masih ada juga yang memandang negative terhadap peranan agama dalam aspek kehidupan manusia. Salah satunya ialah karena mereka menyamakan antara efektivitas terperinci  dan berulang yang telah dilakukan oleh seseorang yang menderita  obsesi dan memiliki perhatian terhadap sesuatu keagamaan. Tetapi tidak semua tokoh menilai negative terhadap peranana agama ini karena sebagaimana Wiliam James mengatakan bahwa tidak usah ragu lagi bahwa terapi yang terbaik bagi keresahan jiwa atau bisa dianggap Kesehatan mental afalah keimanan kita terhadap tuhan. Keimanan kepada tuhan YME adalah salah satu respon kekuatan yang harus kita penuhi dan laksanakan sebagai manusia yang mengerti tentang agama dengan dipenuhi untuk mengarahkan seseorang dalam menjalani hidup yang baik dan tenang.

            Pentingnya peran agaman dalam Kesehatan mental karena memilki nilai nilai yang sangat tinggi dan berpengaruh, bagaimanapun itu perubahan perubahan termasuk sosial dan budaya hendaknya lebih di utamakan sebab terdapat nilai nilai agama termasuk nilai nilai etik, moral, dan pendoman hidup yang sehat. Sebagai manusia kita pasti pernah mengalami yang Namanya cobaan dalam menghadapi kehidupan kita, contohnya apabila seseorang tidak bisa mengendelikan diri dengan emosi dari cobaan yang datang, itu akan sangat mengganggu Kesehatan mental kita. Sebagaimana telah dijelaskan bahwa Kesehatan mental ialah keserasian yang sempurna antara fungsi fungsi dalam agama, lingkungan dan jiwa yang biasanya terjadi pada seseorang, secara positif manusia dapat merasakan kebahagiannya. Berdasarkan hasil daribeberapa wawancara yang telah dilakukan dengan jamaah di masjid bahwa rata rata jawaban tentang pelaksanaan ibadah ialah untuk mendekatkan diri kepada Tuhan, melalui serangakian seperti ibadah, zakat, dll. Rangkaian ini dilakukan untuk mengingat bahwa ibadah merupakan kewajiban seorang muslimin dan Muslimah sebagai sarana rasa bersyukur kita yang kita dapat dari tuhan YME. Hal ini juga ditegaskan oleh James bahwa selama manusia memiliki naluri mengharap, selama itu juga manusia akan melakukan ibadah atau beragama, itulah mengapa perasaan spiritual merupakan suatu dorongan yang terbesar dalam meningkatkan Kesehatan mental dengan beribadah.

            Agama dapat diartikan sebagai media penyembuhan melalui ajaran ajaran agama, dari aspek ilmu Kesehatan jiwa yang mempunyai 2 macam bentuk pengobatan yaitu yang pertama ialah somoterapi. Somoterapi ialah pengobatan secaran yang terganggu berupa obat obatan. Kedua dengan psikoterapi ialah pengobatan yang tidak mengutamakan menggunakan obat obatan pada bagian badan yang sakit, tetapi lebih ke pengobatan di bagian psikis seperti mental emosional yang mengarah pada kajian ilmu psikologi. Pengobatan psikoterapi merupakan pengobatan yang banyak digunakan untuk mengobati Kesehatan melalui kegiatan spiritual atau bisa disebut agama karena metode pengobatan ini sebagai salah satu solusi agama terhadap problem yang dihadapi dalam psikis manusia. Terutama manusia merupakan mahluk yang hidup dengan satu kesatuan potensi jasmani dan rohani hidup. Hubungan rohani pun terdapat keterkaitan dengan keyakinan manusia. Yang dimaksud keyakinan ialah perilaku yang bersifat pasrah diri manusia terhadap kekuasan Tuhan. Kegiatan yang bersifat terapi tersebut juga sulit dilaksanakan, maka ibadah dari ajaran agama merupakan salah satu cara yang paling efektif jika digunakan untuk membuka sudut pandang manusia dengan nilai potensial dan kebahagian hidup kita, dapat dipahami juga bahwa apabila manusia mendustakan diri atau menjauhakan diri kita dari sang maha kuasa artinya manusia itu sedang mengosongkan diri dengan nilai nilai agama, hal itu merupakan kerugian terbesar bagi manusia sebagai mahluk hidup.

            Agama dalam kehidupan manusia juga berperan sebagai motivasi dalam mendorong imanm taqwa, dam dalam aktifitas yang bersifat positif, karena sikapmyang kita lakukan ialah sikap yang berpendoman keyakinan terhadap agama yang dinilai mempunyai faktor kesucian dan bersifat keimanan. Secara umum uraian tersebut dapat disaksikan dan dibuktikan dalam pengalaman kehidupan bahwa Alquran telah menetapkannya di kisah Maryam binti Imran yang terdapa dalam surat Maryam ayat 30. Keimanan merupakan salah satu kekuatan yang harus terpenuhi dalam rangka mengankat hidup manusia, karena keimanan yang kuat akan  melindungi kita dari beberapa keresahan  seperti Kesehatan mental dan cobaan atau penderitaan yang menimpa kita. Terdapat beberapa perbedaan yang kita lihat antara manusia yang memiliki keyakinan yang kuat dan juga tidak dan juga sering acuh terhadap agama. Hal tersebut dapat dilihat dari aspek psikologi bahwa raut wajah manusia yang hidup dengan selalu berpegangan teguh dengan keyakinannya akan terlihat tentram pada batin, Kesehatan, maupun jiwa. Sebaliknya jika tidak maka akan terlihat kegoncangan seperti persoalan hidup, sehingga menimbulkan stress, depresi yang mengakibatkan Kesehatan mental kita tertekan dan hancur.

            Salah satu peran peran penting agama ialah memberkan rasa ketenanga, Kesehatan dalam menghadapi cobaan hidup dan peran tersebut dapat diterapkan dalam ajaran islam dengan bentuk berdzikir. Islam menganjurkan kita agar manuisa untuk melaksankan kegiatan yang berbentuk mendekatkan diri kepada tuhan kita. Perintah tersebut dapat sangat dianjurkan karena berdzikir akan menjadi hati tenang, tentram, dan damai.

           

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone