Mohon tunggu...
Ani Berta
Ani Berta Mohon Tunggu... Konsultan - Blogger

Blogger, Communication Practitioner, Content Writer, Accounting, Jazz and coffee lover, And also a mother who crazy in love to read and write.

Selanjutnya

Tutup

Seni Pilihan

Instalasi Mural 3D "The Last Of Us" Melebarkan Potensi Industri Kreatif

12 Januari 2023   21:45 Diperbarui: 12 Januari 2023   21:53 330
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Melihat Mural 3D yang terpampang sepanjang 34 dan 25 meter di terowongan Kendal di antara Stasiun BNI dan Sudirman ini menarik perhatian semua pejalan kaki, termasuk saya. Hal yang saya ingat pertama kali adalah saat SMA menyimak penjelasan Guru Bimbingan Karir yang menerangkan setiap profesi mulai dari dokter, psikolog, pengacara, akuntan dan lain sebagainya. Sangat detail dan membuat semua siswa yang menyimak antusias bertanya.

Namun, saat menjelaskan profesi seniman, Ibu guru tidak menjelaskan secara detail dan memberikan penjelasan terbatas seperti mengisyaratkan "Jangan ambil jurusan seni rupa kalau kuliah nanti" atau "Gak usah jadi seniman kalau kelak bekerja soalnya gaji dikit dan lahan sempit" begitu perkiraan bahasa non verbal yang beliau ungkapkan pada kami.

Seiring perkembangan zaman, ilmu pengetahuan juga berkembang dan tidak monoton hanya di profesi-profesi yang sudah eksis saja. Semakin ke sini, semakin membutuhkan banyak penyegaran, kesehatan mental dan kembali ke masing-masing jiwa. Yang memerlukan sesuatu yang menjadi ketenangan dan kesenangan dalam setiap langkah menjalani hidup.

Maka dari itu, ilmu-ilmu yang melahirkan estetika seperti seni rupa dan sejenisnya kian dibutuhkan untuk menunjang ilmu eksakta dalam penerapan kehidupan sehari-hari manusia yang mempunyai rutinitas.

Sumber Foto: JXboard
Sumber Foto: JXboard

Instalasi Mural 3D "The Last Of Us" Hadir di Terowongan Kendal

Kehadiran Mural 3D yang terinspirasi dari serial yang diproduksi oleh HBO berjudul "The Last Of us" yang akan tayang mulai Senin 16 Januari 2023 ini memberikan warna tersendiri pada terowongan jalan yang selama ini hanya ingin dilewati oleh pedestrian secepatnya karena cenderung membosankan atau menakutkan. Namun kini terowongan ini menjadi kesenangan tersendiri mengingat mural yang terpampang memberikan hiburan dan perasaan senang saat memandangnya. Mural tiga dimensi ini akan terpasang hingga 7 Februari 2023 sejak 7 januari lalu.

Mengapa Film luar yang ditampilkan pada mural tersebut? Menurut Direktur Utama JXB (Jakarta Experience Board) Novita Dewi, Hal ini bertujuan untuk memberikan atensi pada audiens Indonesia pada industri kreatif global yang mana, jika semua mendapat inspirasi secara luas, akan memberikan sudut pandang yang beragam dan memperoleh insight luas juga.

Mural 3D The Last Of Us ini juga merupakan inisiatif kolaborasi antara Pemprov DKI Jakarta, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta JXB yang mempunyai tujuan agar ruang public yang ada di Jakarta dapat teroptimalisasi dengan baik dan dapat dinikmati oleh masyarakat umum di sela aktivitas sepulang kerja, berangkat kerja atau sekadar ketika hangout melewati terowongan Kendal tersebut.

Sumber Foto: JXBoard
Sumber Foto: JXBoard

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Seni Selengkapnya
Lihat Seni Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone