Mohon tunggu...
Calista Ayu Febriyanti
Calista Ayu Febriyanti Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

Calista Ayu Febriyanti, Mahasiswa Program Studi Pendidikan Masyarakat Universitas Sriwijaya 2019

Selanjutnya

Tutup

Palembang

Aktivitas Lansia Pada Masyarakat Desa

2 Oktober 2022   21:00 Diperbarui: 2 Oktober 2022   21:20 198
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

                                                   

Aktivitas Lansia di Desa Teluk Kijing 1 Untuk Memenuhi Kebutuhan Hidup

Calista Ayu Febriyanti

Apa ya yang ada di benak atau di pikiran masyarakat tentang lansia?

Bagaimana sih kalangan lansia memandang diri mereka? apakah lansia sudah tergolong orang yang lemah bahkan tak berdaya?

Menurut Peraturan Presiden Nomor 88 Tahun 2021 tentang Strategi Nasional Kelanjutusiaan, yang dimaksud dengan Lanjut Usia (lansia) adalah seseorang yang telah mencapai usia 60 tahun keatas. Proses penuaan akan berdampak pada berbagai aspek kehidupan, baik aspek sosial, ekonomi maupun aspek kesehatan, baik yang masih produktif (masih bekerja) maupun yang sudah tidak produktif. Mereka yang berusia 46-59 tahun pun sudah dianggap "mendekati" lansia, atau disebut "pralansia".

Desa Teluk Kijing 1 terletak di Kecamatan Lais Kabupaten Musi Banyuasin terdiri dari 5 dusun dengan jumlah lansia kurang lebih 187 orang. Desa ini merupakan wilayah agraris dan sebagian besar penduduknya bersawah, berkebun dan nelayan, Tanaman yang menjadi komoditas utama adalah bersawah.

Usia lanjut tidak dapat dihindarkan, proses menua ini merupakan hal yang sangat wajar dialami setiap orang cepat atau lambatnya proses ini tergantung pada individu. Orang yang mencapai tahap perjalanan hidup sampai mencapai lanjut usia dapat dikatakan sebagai orang yang beruntung. Lansia di desa teluk kijing 1 masih terbilang banyak yang sehat.

Lanjut usia yang bekerja di zaman sekarang ini bukanlah merupakan masalah yang baru lagi. Di desa teluk kijing 1 hampir disetiap penjuru ruas desa masih terdapat para lanjut usia yang berjuang dalam mencari rezeki. Kecamatan lais khususnya desa teluk kijing 1 masih memiliki lansia yang cukup banyak masyarakat desa teluk kijing 1 melakukan aktivitas pekerjaan, seperti berkebun, bersawah, nelayan, memelihara ternak sapi, pedagang manisan, buruh, swasta, tukang dan guru, yang dalam hal ini aktivitas pekerjaan didominasi oleh bersawah, berkebun dan nelayan, Sehingga hanya sedikit waktu yang bisa digunakan untuk istirahat dan santai-santai, setiap hari masyarakat melakukan aktivitas tersebut karena tuntutan ekonomi yang tinggi, sehingga masyarakat lebih dominan berfikir dan beraktivitas untuk memenuhi kebutuhan sehari hari, aktivitas para lansia ini bisa mengurangi stres dibandingkan hanya berdiam diri mengurus rumah. Aktivitas ini sudah ditekuni sejak mereka masih muda hingga menuju lanjut usia sampai sekarang. Tidak semua lansia yang masih melakukan aktivitas sehari harinya tetapi ada juga lansia yang menetap dirumah karena keadaan fisik yang lemah bahkan tak berdaya.

Di desa teluk kijing 1 juga memiliki  posyandu lansia untuk meningkatkan kualitas hidup para lansia yang lebih rentan terhadap penyakit dan memantau kesehatan lansia yang ada di desa teluk kijing 1 . Posyandu lansia biasa dilaksanakan di balai desa seperti layaknya Posyandu balita dan ibu hamil serta posyandu remaja. Namun, bagi lansia yang kesulitan untuk keluar rumah, akan ada kader yang mengunjunginya secara langsung. Dengan adanya kegiatan posyandu ini, lansia di wilayah Desa teluk kijing 1 dapat mencapai kesejahteraan, baik secara fisik maupun psikis, Posyandu lansia ini dilaksanakan di setiap 1 bulan sekali. Dapat di ambil kesimpulan bahwasannya dari aktivitas lansia ini kegiatan yang dilakukan oleh lansia yang masih sehat di desa Teluk kijing 1 yaitu bersawah, bertani dan nelayan untuk memenuhi kebutuhan sehari/hari, aktivitas lansia ini bisa mengurangi stres dibandingkan hanya berdiam mengurung diri di rumah..

Author

1. Dr. Azizah Husin, M.Pd

2. Yanti Karmila Nengsih, S.Pd., M.Pd

Mohon tunggu...

Lihat Konten Palembang Selengkapnya
Lihat Palembang Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone