Mohon tunggu...
Christina Susi Handayani
Christina Susi Handayani Mohon Tunggu... Guru - Guru/SD Tarakanita 5 Jakarta

Saya adalah seorang guru yang tidak ingin hanya menjadi guru saja, namun ada kelebihan lain yang harus saya miliki. Oleh karena itu saya senang mengembangkan diri saya dengan dan dari mana saja sumbernya yang penting cocok dengan hoby dan bermanfaat bagi saya. Saya senang menulis, saat ini saya sedang mengikuti beberapa buku antologi. Saya sudah memiliki beberapa buku antologi puisi dan satu buku antologi cerpen. Semoga saya bisa terus menulis dan menulis. Menulis itu sungguh mengasyikkan. Semangatttt!

Selanjutnya

Tutup

Hobby

Atasi Writer's Block Bagi Penulis

23 Januari 2023   21:34 Diperbarui: 23 Januari 2023   21:38 74
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ditawidyautami.blogspot.com

ditawidyautami.blogspot.com
ditawidyautami.blogspot.com

Puji Tuhan malam ini merupakan pertemuan yang ke-7 dari 30 pertemuan yang akan diikuti oleh anggota KBMN (Kelas Belajar Menulis Nusantara). Narasumber kita hari ini adalah Ditta Widya Utami, S.Pd. Gr  yang merupakan guru  IPA SMP N 1 Cipeundeuy Bandung dengan moderator Ibu Rallianti,S.Sos,M.Pd. dan tema kita malam ini sangat ciamik yaitu Bagaimana Mengatasi Writer's block. Apa itu Writer's Block? Yuk baca terus artikelnya.

Diawali sapaan dari om Jay, founder dari KBMN, Beliau memotivasi kami peserta KBMN yang memang dari sebelum memulai pertemuan ke-7 ada yang mengatakan belum menulis resume, "Di dalam kesulitan itu pasti ada kemudahan. Namun sebaliknya di dalam kemudahan itu justru ada kesulitan. Kita sendiri yang menciptakan kesulitan demi kesulitan sehingga hidup menjadi terasa sulit, tidak ada penulis yang malas membaca. Membacalah setiap hari dan buktikan apa yang terjadi. Banyak membaca akan membuat anda keliling dunia. Banyak ilmu dan pengetahuan anda dapatkan. Banyak pengalaman orang lain bisa anda tiru dan kemudian anda amalkan dalam kehidupan sehari-hari." Fiuh keren abis ya penyemangatnya. Terimakasih Om Jay.

Akhirnya Ibu Ditta memberikan materi dengan diawali cerita tentang kisahnya dalam dunia penulisan.

Beliau rutin mengikuti kegiatan, mensupport diri untuk terus menyelesaikan resume on time, saling blog walking memberi semangat (sejatinya sy menyemangati diri saya sendiri) kemudian akhirnya... Beliau dinyatakan lulus karena jumlah  resumenya sesuai kategori dan berhasil memiliki buku karya sendiri.

Buku pertama beliau berjudul "Wujudkan Mimpi Terbitkan Buku" kemudian di tahun berikutnya lahir buku solo yang kedua dengan judul "Guru di Era Digital". Selain itu, ada 17 judul buku antologi yg saya miliki baik fiksi mau pun nonfiksi.

Semua ini terwujud karena beliau punya mimpi, termotivasi karena komunitas ini dan mendapat support serta ilmu dari narasumber hebat yang ikhlas berbagi tanpa pamrih.

Siapa pun yang ingin menjadi penulis andal, maka harus siap dengan prosesnya. Tidak bisa instan tentunya. Diperlukan jam terbang yang cukup banyak agar bisa menjadi penulis.

Beliau sudah senang membaca buku-buku cerita sejak kecil (sebelum SD). Senang menulis sejak di sekolah dasar (dalam buku diary).

Saat SMP, sering mengirim tulisan ke mading (majalah dinding) sekolah dan pernah menulis cerita di buku tulis yang dibaca bergiliran oleh teman-temannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone