Mohon tunggu...
Citra Dwi Damayanti
Citra Dwi Damayanti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Seseorang yang suka bersosialisasi dan fleksibel

Selanjutnya

Tutup

Financial

Ancaman Resesi Ekonomi Global bagi Pelaku UMKM Agen BRILink

23 Januari 2023   00:05 Diperbarui: 23 Januari 2023   00:13 52
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Finansial. Sumber ilustrasi: PEXELS/Stevepb

"Obat yang pertama untuk sebuah negara yang berantakan adalah inflasi mata uang, yang kedua adalah perang. Keduanya membawa kesejahteraan yang sementara dan keduanya memberikan kehancuran selamanya. Tapi keduanya adalah perlindungan dari oportunis politik dan ekonomi."

- Penulis dan Peraih Nobel Sastra (1954) dari Amerika Serikat, Ernest Hemingway

Saat ini kata resesi sudah umum didengar di telinga. Resesi adalah periode penurunan ekonomi sementara dengan sektor perdagangan dan aktivitas industri yang berkurang. Umumnya, resesi ditandai dengan penurunan Produk Domestik Bruto (PDB) dalam dua kuartal berturut-turut (Medcom.id, 2020). Kondisi ekonomi global yang melemah akibat adanya ancaman resesi berdampak di berbagai sektor dan kalangan, salah satu nya adalah kalangan pelaku UMKM.

UMKM sendiri adalah singkatan dari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Pada dasarnya, UMKM adalah usaha atau bisnis yang dilakukan oleh individu, kelompok, badan usaha kecil, maupun rumah tangga. Indonesia sebagai negara berkembang menjadikan UMKM sebagai pondasi utama sektor perekonomian masyarakat, hal ini dilakukan untuk mendorong kemampuan kemandirian dalam berkembang pada masyarakat khsusnya dalam sektor ekonomi (Gramedia.com, 2021).

Salah satu pelaku UMKM yang bergerak di bidang ekonomi adalah Pak Harun, beliau merupakan seorang Agen BRILink yang kini sudah memiliki tiga gerai. Berawal pada tahun 2017 lalu, Pak Harun berpikir bahwa usaha ini cukup simpel karena beliau dapat berperan sebagai mitra Bank BRI dalam melayani masyarakat agar Bank BRI tidak kewalahan.

Gerai pertama beliau berlokasi di rumahnya sendiri, yang pada awalnya juga merupakan warung sembako. Gerai kedua berlokasi di Gunung Putri, dan gerai ketiga nya berlokasi di kawasan perumahan Griya Bukit Jaya. Alasan beliau memilih lokasi tersebut adalah karena hasil survei yang dilakukannya terhadap antusias masyarakat akan kehadiran Agen BRILink. Pak Harun juga mendapat dukungan dari pihak Bank BRI karena lokasi yang dipilih cukup strategis dan track record yang baik dari gerai Agen BRILink yang sudah dijalani oleh beliau.

Direktur jaringan dan Layanan BRI, Arga M. Nugraha mengungkapkan bahwa Agen BRILink berperan penting dalam mewujudkan inklusi keuangan yang sesungguhnya bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia.

 "BRI terus berupaya mendekatkan diri kepada masyarakat. Kami berharap Agen BRILink dapat terus berkontribusi mewujudkan inklusi keuangan dengan berbagai layanan banking & beyond banking transaction, sekaligus memberikan peningkatan taraf hidup masyarakat dengan menjadi Agen BRILink," ujarnya (Solopos.com, 2022).

Pak Harun sebagai salah satu pelaku UMKM di bidang layanan jasa keuangan sudah mendengar terkait ancaman resesi ekonomi global yang akan datang pada tahun 2023 dan berharap dampaknya tidak terlalu signifikan.

"Mudah-mudahan UMKM ini tetap berjalan walaupun dihantam krisis, mungkin ada penurunan karena pasti masyarakat yang bertransaksi akan berkurang," tutur Pak Harun.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone