Mohon tunggu...
Anna Saraswati
Anna Saraswati Mohon Tunggu... Penulis - Fakultas Hukum Universitas Al-Azhar Indonesia

I have no special talents. I am only passionately curious. - Albert Einstein

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Tips Memulai Bisnis Thrift Shop

21 Januari 2023   18:17 Diperbarui: 21 Januari 2023   23:25 123
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Photo: 2nd Best Thrift Shop

Sahabat saya, Laura Lucas, yang telah bermukim lebih dari 10 tahun di Bali, belakangan ini sering mengupload photo dirinya dengan berbagai fashion style di akun instagram. Ketika saya perhatikan nama akun baru beserta logo 2nd Best Thrift Shop, ternyata ia sedang menjalankan bisnis thrift shop. Produk yang dijual adalah koleksi fashion dari dalam negeri maupun luar negeri. Rata-rata harga masing-masing item terjangkau dan bisnisnya menarik bagi para pecinta fashion. ide kreatif-nya sangat menginspirasi.

Photo: 2nd Best Thrift Shop
Photo: 2nd Best Thrift Shop

Koleksi pakaian yang ditwarkan beragam, dan khusus untuk perempuan, mulai dari gaya resmi hingga santai, atau padu padan kedua style untuk acara semi formal. Gaya kasual menjadi andalan pemilihan produknya, karena lebih praktis dan sesuai era kekinian. Selain itu, transaksi juga mudah, karena pembayaran via transfer, dan barang dikirim sesuai pesanan.

Photo: 2nd Best Thrift Shop
Photo: 2nd Best Thrift Shop

Koleksi 2nd Best Thrifht Shop terbilang beragam dengan pilihan corak dan warna yang cerah dan ada pula pilihan warna pastel. Bahan pakaian yang dijual ini dipilih yang bertekstur lembut dan ringan, sesuai dengan iklim tropis. Meski lembut dan ringan, kualitasnya prima, kuat dan tahan lama.

Apa sih thrift shop itu? Thrift artinya 'penghematan' atau cara menghemat uang dengan menghindari pemborosan. Sejak tahun 2013, tren thrift shop masuk ke Indonesia, dan menawarkan berbagai barang dengan harga yang lebih terjangkau.

Thrift shop menjadi bisnis kekinian yang digemari, karena praktis.Saat berbincang dengan Laura, saya semakin tahu bahwa thrift shop bukan hanya menguntungkan dari segi 'cuan' tapi juga merupakan 'movement' (gerakan) ramah lingkungan. Mengapa?Karena produk yang ditawarkan adalah barang-barang second (yang layak pakai) sehingga memperpanjang daur penggunaan dan mencegah pencemaran lingkungan. Keren juga ya?

Photo: 2nd Best Thrift Shop
Photo: 2nd Best Thrift Shop

Photo: 2nd Best Thrift Shop
Photo: 2nd Best Thrift Shop
Nah... untuk penyuka bisnis, atau yang ingin merintis usaha sebagai enterpreneur dengan memulai thrift shop, berikut ini beberapa tips yang bisa diimplementasikan:

1. Optimalkan Platform

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone