Mohon tunggu...
Dela Tiara Putri
Dela Tiara Putri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Suka nulis hal-hal random

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Overview Sistem Imun

25 Januari 2023   09:48 Diperbarui: 25 Januari 2023   10:04 22
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Sebenarnya tubuh kita itu ada yang ingin menguasai dan memanfaatkannya, contohnya virus, fungi, bakteri, dan protista yang biasanya plasmodium yang menyebabkan malaria. Juga ada animalia seperti cacing pita. Semuanya bisa masuk ke dalam tubuh melalui lubang-lubang tubuh, misalnya mulut, anus, hidung. 

Lalu mengapa parasit menyukai tubuh kita? Hal ini disebabkan tubuh hewan adalah habitat yang nyaris ideal yang memiliki cukup nutrisi dan bisa dijadikan tempat berlindung sehingga mampu bereproduksi. Hewan/manusia juga bisa mentransmisi ke inang lain, misalnya lewat batuk dan bersin. Oleh karena itu, sistem imun digunakan untuk melindungi tubuh terhadap parasit-parasit yang masuk ke tubuh. 

Selain organisme dari luar, kita juga memiliki ancaman lain yang berasal dari dalam tubuh, yaitu sel tumor. Sel ini terjadi karena pembelahan sel tidak terkontrol yang akhirnya selnya itu abnormal yang membelah terus-menerus. Bahayanya, sel ini dapat membentuk pembuluh darah baru yang akhirnya menyerap nutrisi dan merusak jaringan tubuh karena mengambil alih beberapa ruangan di tubuh kita. Selain tumor, ada toksin/racun yang merupakan senyawa kimia yang dalam jumlah sedikit saja bisa berbahaya. 

Karena dapat mengganggu proses seluler, seperti metabolisme yang akhirnya menyebabkan keracunan. Contohnya adalah bisa ular, racun tumbuhan dan fungi, toksin bakteri/patogen (racun dari parasit). Zat yang masuk ke tubuh disebut antigen, termasuk patogen. 

Sistem imun yang mempertahankan kekebalan tubuh dibagi menjadi menjadi dua. Pertama, sistem imun bawaan. Berarti sudah ada sejak lahir. Sehingga dijadikan pertahanan yang pertama. Kalau misalnya patogen bisa masuk melewati sistem imun bawaan, maka itu akan membahayakan. Oleh karena itu, tubuh akan mengaktifkan sistem imun yang kedua, yaitu sistem imun adaptif. Diambil dari kata adaptasi, menyesuaikan dengan patogen. Sistem imun ini dibuat setelah terjadi infeksi, makanya disebut sebagai bentuk pertahanan terakhir.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone