Mohon tunggu...
Dela Tiara Putri
Dela Tiara Putri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Suka nulis hal-hal random

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Amal Bukan Jaminan Masuk Surga

26 Januari 2023   08:59 Diperbarui: 26 Januari 2023   09:19 129
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Banyak orang yang beranggapan apabila banyak amal itu bisa masuk surga. Padahal tidak demikian. Dalam hadis Nabi dikatakan bahwa, "tidak ada yang masuk surga karena amalnya." 

Waktu itu ada seorang sahabat beliau yang sangat baik, orang-orang di sekelilingnya itu lantas berkata, "Berbahagialah engkau karena masuk surga Karena beramal banyak." Nabi bersabda bahwasannya, "tidak ada seorangpun di antara kamu yang masuk surga karena amalnya."

Dalam hal ini masuk surga itu adalah pemberian/rahmat dari Allah. Walaupun demikian dalam surat ad-dhuha ayat 5, Allah bersumpah akan memberikan karunianya sampai kamu puas dan tentunya juga masuk surga. Bahkan lebih dari itu, yaitu ridho Allah dengan melihat-Nya. 

Sebenarnya amal yang kita lakukan itu hakikatnya untuk diri sendiri dan telah dinikmati dampaknya di dunia. Apa yang dianugerahkan kepadamu, belum cukup untuk membalas jasa Allah dengan seluruh yang dimilikinya termasuk hidup. Surga merupakan hak prerogatif dari Allah. 

Amal sangat diperlukan untuk mengundang rahmat Allah. supaya jangan ada yang berbangga sebab amalnya yang banyak dan masuk surga, bisa jadi amal kecil disertai keikhlasan dan ketulusan itu yang menjadikan Allah memberikan rahmat. Sedangkan orang yang masuk neraka diakibatkan karena amal buruk mereka.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone