Mohon tunggu...
Dewi Puspasari
Dewi Puspasari Mohon Tunggu... Konsultan TI - Penulis dan Konsultan TI

Suka baca, dengar musik rock/klasik, dan nonton film unik. Juga nulis di blog: https://dewipuspasari.net; www.keblingerbuku.com; dan www.pustakakulinerku.com

Selanjutnya

Tutup

Film Artikel Utama

The Bear, Serial Kuliner yang Suram namun Juga Jenaka

20 Januari 2023   14:27 Diperbarui: 26 Januari 2023   01:01 248
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Carmen merasa frustasi mendapat warisan restoran yang amburadul dan hampir bangkrut (sumber gambar Hulu dalam El Espanol) 

"It's about consistency and being consistent. We can't operate at a higher level without consistency." - Carmen Berzatto

Ada yang menyebut aktivitas di dapur restoran seperti medan peperangan. Panas dari kompor dan oven, juga permintaan tinggi pada jam-jam makan, membuat para pekerja restoran menjadi mudah naik darah dan tertekan. Apalagi, jika tidak ada sistem yang konsisten di restoran tersebut. 

Cerita tentang restoran yang amburadul dan rawan bangkrut ini tersaji dalam serial The Bear.

Carmen Berzatto alias Carmy (Jeremy Allen White), seorang chef yang bekerja di salah satu restoran terbaik di dunia. Nasibnya berubah drastis ketika kakaknya, Michael (Jon Bernthal), meninggal. Ia mendapat warisan restoran keluarganya, The Beef, resto mungil dengan signature menu berupa beef sandwich ala Italia.

Carmy hampir tiap hari susah tidur. Ia juga mual setiap akan berangkat kerja. Selama beberapa minggu di sana, ia merasa frustasi dengan kondisi restoran tersebut. Dapur kotor dan berantakan, utang menumpuk, dan para karyawan bekerja semaunya. 

Belum lagi sepupunya, Richie (Ebon Moss-Bachrach) yang menyebalkan dan marah melihat Carmy mengambil alih. Ketika koki muda, Sidney (Ayo Edebiri) melamar pekerjaan di sana, Carmy menerimanya. Keduanya bertekad untuk membenahi sistem restoran tersebut.

Richie tidak terima Carmy, sepupunya, mengambil restoran tersebut (sumber gambar: Hulu dalam Mubi) 
Richie tidak terima Carmy, sepupunya, mengambil restoran tersebut (sumber gambar: Hulu dalam Mubi) 

Drama Kuliner Berunsur Dark Comedy yang Konfliknya Terasa Riil
Sejak menyaksikan episode pertamanya, rasanya sulit untuk tak jatuh hati pada serial kuliner ini. Konflik dan kondisi yang dikisahkan dalam serial ini terasa riil.

Sejak awal hingga episode akhir, penonton seperti diajak ikut menyelami perasaan dan konflik yang dialami Carmen. Ia yang kariernya sebagai chef cemerlang di New York, terpaksa 'turun kelas' mengurusi restoran lusuh yang hampir bangkrut di Chicago.

Ia menyebutnya sebagai upaya penebusan. Ia merasa bersalah karena bertahun-tahun tak berkomunikasi dengan Michael dan Sugar, kedua saudaranya. Dengan membenahi restoran tersebut, ia seperti juga ingin memahami alasan kakaknya melakukan bunuh diri.

Apakah nasib Carmy lebih baik apabila tetap jadi chef di resto terkenal (sumber gambar: Hulu dalam Mashable) 
Apakah nasib Carmy lebih baik apabila tetap jadi chef di resto terkenal (sumber gambar: Hulu dalam Mashable) 

Tak hanya olok-olok dari orang sekelilingnya yang menyebutnya bagian keluarga pecundang -- kebanyakan tak tahu jika ia chef terkenal di New York, ia juga mendapatkan resistensi dari karyawan restoran dan sepupunya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone