Mohon tunggu...
Dina Febiyanti
Dina Febiyanti Mohon Tunggu... Konsultan - Antropolog - penulis

coffee, susu, indomie, memasak, menulis dan membaca

Selanjutnya

Tutup

Parenting

Mengenal Budaya Bersalin Tradisional di Klinik Bumi Sehat Robin Lim

26 Januari 2023   09:49 Diperbarui: 26 Januari 2023   10:16 42
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Di Era yang serba canggih dan instan membuat manusia tidak lepas dari bantuan teknologi. Salah satunya dalam proses persalinan, perempuan tidak mau repot serta tidak mau menahankan sakit lewat persalinan normal. Banyak para ibu hamil masa kini lebih mengandalkan kelahiran secara cesar. 

Namun seorang bidan asal AS mempromosikan dan mengedukasi ibu-ibu hamil untuk tetap  melakukan persalinan dengan cara tradisional atau alamiah. Robin Lim adalah Bidan asal Amerika Serikat, perempuan campuran amerika dan Filipina ini merupakan kelahiran Arizona, 24 November 1956. Ia merupakan Executive Director dari yayasan Bumi Sehat di Ubud Bali dan Klinik Bumi Sehat  Gampong Cot Aceh barat yang berdiri 3 bulan pasca Tsunami di tahun 2005.

Klinik tersebut merupakan sebuah klinik yang kecil, berkualitas, ramah,  serta pusat kesehatan untuk para ibu, anak-anak, dan pusat persalinan. Selain itu ibu Robin juga mendirikan Emergency unit yang berfungsi sebagai tempat pelayanan medis di Yogyakarta setelah kejadian gempa bumi. Ia memberikan pelajaran kepada masyarakat Yogyakarta mengenai bagaimana cara untuk tetap hidup sehat dalam kondisi pasca bencana gempa bumi terjadi. Maka tak heran  aksi  social kemanusiaannya untuk menolong persalinan ibu hamil membuat Robin Lim mendapatkan penghargaan di CNN Heroes 2011 sebagai pahlawan bagi  dunia khususnya Indonesia.

Robin lim dikenal sebagai barefoot midwife yang mengenalkan atau mempromosikan proses kehamilan yang sehat serta persalinan yang alamiah dan natural melalui water birth (persalinan dalam air). Menurutnya water birth dapat mengurangi rasa sakit sekitar seperempat kali. Melahirkan di air juga bisa mengurangi resiko sobek vagina, dengan begitu saat bayi lahir di air tidak membuatnya kaget karena masih dalam habitatnya (berada dalam cairan/air ketuban). 

Metode atau konsep yang diterapkan Robin Lim dalam persalinan ini tidak lepas dari ragam kebudayaan dan tradisi, salah satunya ketika ia melahirkan anak ke-4 nya. Pengalaman bersalinnya saat melahirkan anak ke-4nya terdapat kebudayaan dan tradisi Amerika, Indonesia, Cina, Filipina, Jerman, dan Irlandia. Mulai dari memanfaatkan etnobotani dari beberapa negara tersebut serta budaya pemulihan saat ibu selesai bersalin.

Robin Lim tidak hanya menjadi seorang bidan yang menyuarakan dan mengajak ibu-ibu hamil untuk melakukan persalinan secera tradisional. Tetapi ia  bertekad memberantas kemiskinan dan mengatasi kekuragan gizi atau gizi buruk pada anak. 

Hingga kini Robin terus aktif memberikan informasi  pengetahuan dan penyembuhan pengobatan menggunakan  tanaman tradisional, khususnya peyembuhan dan pemulihan bagi perempuan yang baru selesai bersalin. Memanfaatkan tanaman tradisional /Etnobotani dari berbagai daerah yang berbasiskan pengetahuan budaya, tradisi, dan tradisional. Tujuannya dapat memudahkan penyembuhan atau pemulihan bagi ibu yang baru saja selesai melakukan persalinan. Obat-obatan tradisional ini diyakini  memiliki banyak khasiat. Selain itu, menggunakan tumbuh-tumbuhan tradisional juga memiliki khasiat yang bagus untuk ibu hamil. 

Robin Lim mendirikan Yayasan Bumi Sehat ini untuk menolong persalinan bagi masyarakat Bali yang memiliki ekonomi rendah atau tidak mampu. Hal ini bertujuan untuk mengurangi angka kematian pada Ibu dan bayi pada perempuan Bali. 

Namun Robin juga menerima dan melayani pasien di luar pulau Bali. Melihat dari data statistik tingginya angka kematian pada ibu saat bersalin yang disebabkan oleh biaya persalinan yang mahal, menggerakkan Robin untuk mendirikan yayasan Bumi sehat ini sebagai tempat persalinan dengan biaya sukarela. Sehingga apabila terjadi pasien gawat darurat saat bersalin, tanda-tanda kehamilan buruk yang berdampak pada janin, maka calon Ibu dan Ayah pun dengan mudah tanpa pikir panjang memusingkan urusan biaya. 

Kini para calon Ibu dan Ayah bisa langsung mendatangi atau berkonsultasi dengan klinik bumi sehat. Dalam membantu  proses persalinan Ibu hamil, Robin Lim memang selalu menggunakan cara-cara yang tradisional dan alamiah. Robin selalu membangun raport yang baik dengan penuh kasih dan cinta dengan pasiennya, agar pasien Ibu hamil yang datang saat bersalin merasa tenang, nyaman, dianugrahi dukungan-dukungan positif saat bersalin. 

 Metode tradisonal saat persalinan yang dilakukan Robin yaitu metode lotus birth. Membiarkan bayi masih terhubung dengan plasenta beberapa  hari sampai plasenta mengering. Robin cukup berhati-hati menjalankan metode ini karena dibeberapa kepercayaan local Nusantara seperti Bali, ari-ari harus dikubur dirumah orang tua bayi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Parenting Selengkapnya
Lihat Parenting Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone