Mohon tunggu...
Dhany Wahab
Dhany Wahab Mohon Tunggu... Penulis - Peminat Komunikasi Sosial dan Pegiat Pemilu.

berfikir positif, bertindak arif

Selanjutnya

Tutup

Politik

KPU Kabupaten Bekasi Lantik 561 PPS Pemilu 2024

25 Januari 2023   22:15 Diperbarui: 25 Januari 2023   22:33 88
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dok. KPU Kabupaten Bekasi

Sebanyak 561 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilihan Umum Tahun 2024 di Kabupaten Bekasi resmi dilantik pada Selasa (24/1/2023) di Gedung Serbaguna, Komplek GOR Wibawa Mukti, Cikarang Timur.

Pelantikan dan pengambilan sumpah dilakukan oleh Ketua KPU Kabupaten Bekasi, Jajang Wahyudin disaksikan oleh Pj Bupati Dani Ramdan, Ketua DPRD BN Holik Qodratullah, Kapolres Metro Bekasi, Kombes Pol Twedi Aditya Bennyahdi, Dandim 0509/Kabupaten Bekasi, Letkol Inf. M. Horison Ramadhan dan perwakilan Forkopimda lainnya.

Jajang mengingatkan anggota PPS dalam menjalankan tugas agar selalu berpedoman kepada kode etik penyelenggara pemilu, menjaga integritas, jujur dan adil. PPS sebagai garda depan penyelenggara pemilu memiliki tugas dan kewajiban yang sudah ditentukan oleh peraturan perundang-undangan.

"Setelah dilantik sebagai anggota PPS, maka harus memahami tupoksi dan menjaga ucapan serta perilaku ditengah masyarakat, bekerja dengan baik, profesional dan menjaga netralitas, " pesan Jajang.

Dok. KPU Kabupaten Bekasi
Dok. KPU Kabupaten Bekasi
Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan mengharapkan anggota PPS memiliki komitmen dan konsisten pada sumpah janji yang diucapkan. PPS memiliki peran untuk mewujudkan pemilu yang berintegritas dan mendorong partisipasi pemilih yang lebih tinggi dari pemilu sebelumnya.

Lebih lanjut, Dani menyampaikan pengalaman pada Pemilu tahun 2019, terkait banyaknya petugas Pemilu yang gugur karena kelelahan bertugas. 

Menurutnya, terlebih lagi di Kabupaten Bekasi jumlah daftar pemilih di desa yang mencapai ratusan ribu.

"Saya tadi cek tahun lalu di Tambun Selatan ada satu desa yang jumlah KPPS-nya sampai 250 orang, itu jumlah yang besar sekali, pasti jadi beban, di tingkat PPS. Nah ini dengan KPU akan kita lakukan analisis dan simulasi agar tidak terjadi seperti yang dialami di tahun 2019, " ucapnya.

Setelah pengucapan sumpah/janji dilanjutkan pembacaan dan penandatanganan pakta integritas yang dilakukan oleh perwakilan PPS dari empat kecamatan yang berbeda. 

Anggota PPS yang dilantik terdiri laki-laki sebanyak 496 orang dan perempuan 65 orang yang berasal dari 186 desa/kelurahan.

Apel Gelar Pasukan Kesiapan Pemilu 2024 (Dokpri).
Apel Gelar Pasukan Kesiapan Pemilu 2024 (Dokpri).
Kadiv SDM dan Sosdiklihparmas, Dhany Wahab Habieby menjelaskan tugas PPS yang sudah menunggu adalah pembentukan Pantarlih (Petugas Pemutakhiran Daftar Pemilih) yang dimulai pada 26 Januari 2023.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone