Mohon tunggu...
Diklitbang HMDEP USU
Diklitbang HMDEP USU Mohon Tunggu... Novelis - Mahasiswa

Himpunan Mahasiswa Departemen Ekonomi Pembangunan Universitas Sumatera Utara yang menjadi wadah tempat menampung tulisan-tulisan mahasiswa Ekonomi Pembangunan di masa periode Diklitbang HMD-EP 2022/2023.

Selanjutnya

Tutup

Metaverse

Pengaruh Metaverse terhadap Perekonomian

29 Desember 2022   11:32 Diperbarui: 29 Desember 2022   11:33 438
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Metaverse. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Oleh : Fakhri Muhammad Jonanda (210501156)

Pengaruh teknologi metaverse pada sektor pendapatan riil

Teknologi metaverse atau sering disebut sebagai simulasi kehidupan pada dunia digital menjadi fenomena yang cukup hangat belakangan ini. Pada dasarnya metaverse dibuat untuk memenuhi serta mempermudah kehidupan manusia agar lebih efisien. Teknologi metaverse berkaitan erat dengan WEB 3.0 dan Cryptocurrency, dimana kedua hal tersebut menjadi dasar dari terciptanya metaverse.

Proyek-proyek teknologi yang berkaitan dengan metaverse dilihat sangat berpotensi. Brand besar pun mulai berbondong-bondong mengadaptasikan bisnis mereka dalam metaverse, seperti tidak ingin terlewatkan oleh peluang yang begitu besar dalam dunia bisnis digital ini.

Teknologi metaverse tidak hanya menjadi sebuah aplikasi yang digunakan untuk keperluan perusahaan semata, melainkan akan menjadi sebuah platform yang akan dibutuhkan dan digunakan oleh banyak masyarakat dunia seperti layaknya awal kemunculan World Wide Web (WWW) pada tahun 1989. Mulai dari Web 1.0 yang satu arah hingga web 2.0 yang lebih partisipatif seperti era media sosial saat ini. Metaverse menjadi bentuk web 3.0 atau web3 yang saat ini sedang gencar dikembangkan.

Beberapa aspek penting yang perlu ada di dunia metaverse:

1.Ekosistem Digital

2.Ekonomi Digital

3.Aktivitas Digital

4.Aset Digital

Keempat hal ini menjadi kunci perkembangan transformasi digital masa kini yang akan menghadirkan berbagai peluang ekonomi baru di dunia metaverse. Berikut adalah beberapa bentuk ekonomi baru yang kemungkinan besar akan hadir seiring berkembangnya metaverse:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
  12. 12
  13. 13
  14. 14
  15. 15
  16. 16
  17. 17
  18. 18
Mohon tunggu...

Lihat Konten Metaverse Selengkapnya
Lihat Metaverse Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone