Mohon tunggu...
Dimas DY
Dimas DY Mohon Tunggu... Lainnya - Social Media Specialist di Perusahaan Skincare

Seorang netizen yang gemar mengamati trend di social Media.

Selanjutnya

Tutup

Beauty

Mau Pakai Retinol? Berikut 5 Hal yang Perlu Diperhatikan!

7 Maret 2023   14:18 Diperbarui: 8 Maret 2023   11:18 83
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi: https://www.pexels.com/

Memiliki kulit yang indah dan sehat tentunya menjadi dambaan bagi setiap orang. Terutama saat memasuki usia dewasa dimana kulit mulai menunjukan tanda-tanda penuaan seperti garis halus, hyperpigmentasi, kering, kusam, hingga tidak elastis lagi. Semua tanda penuaan terjadi dikarenakan kulit tidak lagi bisa memproduksi kolagen sebanyak di waktu usia muda. Penggunaan produk perawatan kulit (skincare) pun menjadi pilihan. Salah satunya produk skincare yang mengandung Retinol

Retinol merupakan bahan aktif yang berasal dari vitamin A. Zat aktif retinol bekerja dengan cara mengeksfoliasi kulit dan membuang sel kulit mati serta kotoran penyebab jerawat melalui purging. Penggunaan retinol memiliki banyak manfaat diantaranya mencegah jerawat, menyamarkan bekas luka akibat jerawat, mengecilkan pori-pori, hingga meningkatkan produksi kolagen dalam kulit yang menjadi senjata utama dalam melawan tanda-tanda penuaan.

Namun, penggunaan retinol yang tidak tepat justru bisa menimbulkan efek negatif pada kulit seperti kulit kusam, kering, hingga terasa perih. Agar terhindar dari semua hal tersebut simak kiat-kiat dibawah ini tentang pemakaian retinol yang tepat.

1. Gunakan selang hari

Penggunaan retinol pada kulit memang memiliki banyak manfaat. Namun, pemakaian secara langsung setiap hari justru bisa berdampak buruk pada kulit. Maka dari itu gunakanlah retinol setiap 2-3 hari sekali pada awal pemakaian. Hal tersebut bertujuan memberikan jeda waktu bagi kulit untuk beradaptasi dengan zat aktif yang diberikan. Seiring berjalannya waktu, intensitas pemakaian retinol bisa ditingkatkan menjadi setiap hari setelah beberapa minggu.

2. Jangan lupakan pelembab

Pemakaian pelembab sangat penting dilakukan setelah pengaplikasian retinol. Pasalnya zat aktif seperti retinol bisa membuat kulit terasa kering dan perih. Maka dari itu penggunaan pelembab berfungsi mempertahankan kelembaban kulit. Dengan terjaganya kelembaban bertujuan menghindari iritasi pada kulit sehabis pengaplikasian retinol.

3. Aplikasikan di malam hari.

Sifat eksfoliasi pada retinol memang bertujuan untuk merangsang produksi kolagen dalam kulit. Namun kulit yang tereksfoliasi cenderung sensitif terhadap sinar matahari. Maka dari itu penggunaan retinol akan lebih tepat diaplikasikan di saat malam. Ditambah pada malam hari adalah waktu berlangsungnya regenerasi sel-sel kulit. Jadi penambahan retinol bisa meningkatkan proses regenerasi kulit lebih optimal. 

4. Gunakan sunscreen di keesokan harinya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Beauty Selengkapnya
Lihat Beauty Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone