Mohon tunggu...
Windya Dimas Jaya
Windya Dimas Jaya Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya Fakultas Hukum

Selanjutnya

Tutup

Surabaya

Perlunya Identitas UMKM Sebagai Peningkatan Pemasaran

20 Desember 2022   12:27 Diperbarui: 20 Desember 2022   14:17 28
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Surabaya, 21 Desember 2022--

Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu pelaksanaan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan KKN dilaksanakan di Medokan Semampir Timur RW. 03 Medokan Semampir, Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia. Permasalahan yang ditemukan di lokasi kegiatan KKN yaitu mengenai kurangnya pemasaran terhadap produk pemilik UMKM.

Setelah lamanya hampir 2 Tahun ini kita merasakan dampaknya Pandemi Covid yang terjadi di Negara Tercinta kita ini. Krisis ekonomi akibat pandemi Covid-19 telah berdampak terhadap kelangsungan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Berbeda pada saat krisis moneter tahun 1998 di mana UMKM betul betul menjadi penyelamat ekonomi nasional yang pada saat itu mampu meningkat hingga 350 persen ketika banyak usaha besar yang kolaps. Namun pada saat pandemi Covid-19 saat ini, justru UMKM yang sangat terdampak. Dampak dari sulitnya berusaha mengakibatkan banyaknya tenaga kerja yang terpaksa di rumahkan. Termasuk yang di alami oleh Ibu Sarmi ini, yang biasanya berjualan keliling akhirnya memutuskan untuk berjualan Mie Ayam di Rumah di karenakan kala itu dampak pandemi yang yang membuat ibu sarmi terpaksa merintis jualan di rumah agar terhindar dari Covid-19 Kala itu.

Berdasarkan permasalahan tersebut, mahasiswa membuat program kerja untuk peningkatan pemasaran UMKM antara lain: Pembuatan identitas (nama dan logo) usaha UMKM, Pemasaran UMKM dengan pengiklanan banner, Pendaftaran usaha UMKM ke marketplace, Pendaftaran lokasi UMKM di Google Maps, dan Pembuatan stiker kemasan serta katolog produk Mitra. Pelaksanaan program kerja tersebut dilaksanakan berdasarkan diskusi dengan pemilik UMKM.  Secara garis besar pelaksanaan kegiatan ini yaitu mengenai peningkatan pemasaran UMKM. Promosi pemasaran merupakan langkah yang cocok disaat perkembangan teknologi saat ini. Promosi pemasaran dapat dilaksanakan melalui media sosial dan pendaftaran ke marketplace. Dengan pelaksanaan pemasaran UMKM melalui media sosial dan/atau marketplace maka UMKM tersebut dapat menarik lebih banyak konsumen dan mengembangkan UMKM.

20221220-141643-63a16184470fea266f0f83f2.jpg
20221220-141643-63a16184470fea266f0f83f2.jpg
Fokus kegiatan KKN saya ini adalah peningkatan pemasaran UMKM.  Oleh karena itu, Windya Dimas Jaya Pramudita, mahasiswa hukum Untag Surabaya, di bawah bimbingan Siti Mutrofin, S.Kom., M.Kom.  telah melakukan Pengembangan dan pembuatan Identitas UMKM Bersama Rekan rekan KKN Sby 7 agar dapat meningkatkan penjualan dan pemasaran masyarakat UMKM dengan baik oleh warga sekitar RW 3 Medokan Semampir, Surabaya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Surabaya Selengkapnya
Lihat Surabaya Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone