Mohon tunggu...
Dokter Genital
Dokter Genital Mohon Tunggu... Dokter - Dokter Spesialis Kelamin

Mengatasi berbagai macam gangguan seksual dan penyakit kelamin berbahaya, seperti penyakit menular seksual, infeksi menular seksual, Andrologi, dan Ginekologi.

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Kenali Tanda dan Gejala Penyakit Urethritis

25 Januari 2023   09:00 Diperbarui: 25 Januari 2023   09:11 52
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Img: klinikapollojakarta.com

Apa saja tanda gejala urethritis? Dan apakah penyakit ini berbahaya?

Urethritis adalah peradangan pada uretra yaitu saluran yang mengarah dari kandung kemih ke bagian luar tubuh.

Kondisi ini bisa terjadi pada pria dan pada wanita serta menyebabkan gejala seperti terbakar atau nyeri saat buang air kecil, sering buang air kecil, merasa dan ingin segera buang air kecil dan adanya darah atau adanya nanah dalam urine yang dapat mengubah warna urine.

Demam dan kedinginan juga bisa menyertai urethritis. Pada orang dewasa, infeksi saluran kemih (ISK) termasuk urethritis yang dapat menyebabkan sejumlah gejala yang mencakup perubahan mental dan kebingungan.

Gejala Umum Penyakit Urethritis

Urethritis sering terjadi secara bersamaan dengan peradangan kandung kemih yang dikenal sebagai sistitis.

Uretra adalah tabung yang menghubungkan kandung kemih ke bagian luar tubuh dan termasuk lubang di ujung penis, baik urine dan air mani melewati uretra.

Sedangkan urethritis merupakan peradangan yang terjadi pada uretra. Penyakit ini disebabkan oleh kuman yang menyebabkan penyakit menular seksual (PMS), atau kuman yang menyebabkan infeksi saluran kemih (ISK) juga disebut infeksi kandung kemih dan gejala dari kondisi ini kemungkinan serupa.

Pria berusia antara 20 hingga usia 35 tahun paling berisiko terkena urethritis menular, seperti halnya pria yang memiliki banyak pasangan seksual atau pria yang melakukan perilaku berisiko tinggi seperti tidak menggunakan kondom atau hubungan seks anal.

Rasa terbakar dan nyeri adalah gejala umum urethritis. Masalah jangka panjang dapat menyebabkan infertilitas (kemandulan) atau penyumbatan uretra (penyempitan).

Infeksi bakteri adalah penyebab paling umum dari urethritis. Penyebabnya bisa termasuk iritasi dan penyakit menular seksual (PMS) seperti klamidia atau gonore (kencing nanah).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone