Mohon tunggu...
Dokter Genital
Dokter Genital Mohon Tunggu... Dokter - Dokter Spesialis Kelamin

Mengatasi berbagai macam gangguan seksual dan penyakit kelamin berbahaya, seperti penyakit menular seksual, infeksi menular seksual, Andrologi, dan Ginekologi.

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Apa Penyebab Tumbuh Kutil di Selangkangan?

26 Januari 2023   09:00 Diperbarui: 26 Januari 2023   08:57 35
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Img: klinikapollojakarta.com

Kutil kelamin ditandai dengan adanya pertumbuhan kutil di selangkangan, alat kelamin atau aera dubur. Beberapa kutil terlihat seperti bercak berwarna putih datar, dan yang lain bergelombang seperti kembang kol.

Terkadang kutil tidak bisa terlihat sama sekali, karena bisa memiliki ukuran dan bentuk yang berbeda, mungkin besar atau mungkin terlalu kecil untuk dilihat.

Benjolan yang terlihat hanya muncul selama infeksi aktif, kondisi ini disebabkan oleh human papilloma virus (HPV). Lebih dari 100 jenis HPV telah ditemukan.

HPV dan kutil kelamin dapat menyebar melalui hubungan seksual atau kontak kulit ke kulit kelamin dengan seseorang yang memiliki virus.

Virus dapat menyebar dari alat kelamin, anus, mulut atau tenggorokan selama aktivitas seksual. Seseorang dapat menyebarkan virus bahkan jika tidak memiliki gejala.

Kenali Penyebab dan Cara Mengobati Kutil di Selangkangan

Dokter memeriksa kutil dengan melihat dari dekat area genital dan dekat area anus. Dokter mungkin menanyakan tentang gejala dan faktor risiko.

Faktor risiko adalah hal-hal yang membuat lebih mungkin terkena infeksi. Terkadang dokter mengambil sampel jaringan dari kutil untuk dites.

Ada cara untuk mengobati kutil di selangkangan. Tetapi kutil dapat kambuh karena pengobatan tidak membunuh infeksi HPV yang menyebabkannya.

Konsultasikan dengan dokter jika ingin mengobati kutil di selangkangan yang terlihat. Kutil biasanya hilang tanpa pengobatan, tetapi bisa juga menyebar.

Beberapa orang memutuskan untuk mengobatinya karena gejalanya atau karena tampilan kutilnya. Tetapi jika tidak memiliki gejala dan tidak khawatir tentang tampilan kutil, maka dapat menunggu dan melihat kutil hilang atau tidaknya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone