Mohon tunggu...
Dominikus DemonTereng
Dominikus DemonTereng Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Arsitektur

Hobi saya bermain futsal.

Selanjutnya

Tutup

Seni

Makna di Balik Sebuah Tato

11 Januari 2023   12:24 Diperbarui: 11 Januari 2023   12:43 83
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://www.instagram.com/p/CRLJN-or7DE/?igshid=YmMyMTA2M2Y=

"Tunjukan pada saya seseorang bertato dan saya akan menunjukkan kepada Anda seseorang dengan masa lalu yang menarik." - Jack London

Jangan menganggap bahwa tato hanya sebuah lukisan indah pada tubuh. Lebih dari itu, tato adalah salah satu cara untuk menyampaikan pesan tersendiri kepada dunia. Tato memiliki arti yang  unik saat digabungkan dengan tato yang lain atau bagian tubuh tertentu digerakkan. Banyak orang tidak akan tahu arti dari tato tersebut karena hanya melihat secara sepintas.

Bicara Lewat Tato

Lionel Messi adalah pria asal Argentina kelahiran 24 Juni 1987. Ia dikenal dengan salah satu pesepak bola paling populer. Tidak hanya aksinya di atas rumput hijau yang menjadi pusat perhatian, melainkan di luar lapangan termasuk tato yang terdapat di tubuhnya. Tato tersebut memiliki makna khusus dalam kehidupan seorang Lionel Messi seperti keluarga, kepercayaan, dan sepak bola. Para pencinta sepak bola pasti sudah tahu soal tato yang terdapat pada tubuh Lionel Messi seperti yang diunggahnya di instagram pribadinya @leomessi. 

Tato merupakan karya seni yang bermuatan simbol. Banyak orang berpikir bahwa orang yang memakai tato di tubuhnya itu sebagai hal yang identik dengan kriminal dan budaya pemberontakan karena dianggap sebagai sesuatu yang tabu. 

Menurut pendapat Kosut, ia mengatakan bahwa "dalam konteks budaya, tato dilihat dan dialami secara positif namun, ada orang lain yang nampaknya selalu berpikir rendah terhadap tato, bukan sebagai modifikasi tubuh, melainkan sebagai mutilasi tubuh." Tetapi bagi Messi tato memiliki makna yang mendalam dalam kehidupannya yang berkaitan dengan kepercayaan, rasa cinta terhadap keluarga, dan juga penyerahan seluruh hidupnya dalam dunia sepak bola.

Setiap orang itu unik, tetapi ada beberapa orang suka meningkatkan keunikan tersebut dengan membuat modifikasi pada tubuh mereka salah satunya dengan memakai tato. Latar belakang yang menyebabkan seseorang memakai tato di karena  mereka  mau mengungkapkan perasaan atau emosi kepada dunia. Ketika ada suatu hal yang membuat mereka merasa bahagia, sedih, depresi, pengalaman hidup yang bermakna bagi dirinya, atau sebuah tradisi maka, saat itulah orang-orang mulai memakai tato pada tubuhnya agar bisa dikenang seumur hidup karena sifatnya yang permanen. Ada beberapa alasan kenapa orang-orang memilih untuk memakai tato di tubuhnya antara lain mau mengekspresikan rasa bahagia, sebagai bentuk ekspresi seni, membantu mencitptakan rasa individualitas, mau mengabadikan pengalaman pribadi, dan sebuah tradisi atau keyakinan dalam suku-suku tertentu. "Seseorang yang memakai tato pada tubuhnya sudah memikirkan keputusannya secara matang karena tato bersifat permanenen. Pemasangan tato juga biasanya dijadikan sebagai bentuk luapan seseorang mengenai kehidupannya yang kurang baik. Tato menunjukkan komitmen terhadap tujuan definisi diri dan jenis perilaku." (Sanders, 1998 dalam Mulyana, 2004:222) 

Menurut Olong dalam bukunya yang berjudul "Tatto" ia mengatakan bahwa "secara lokalitas tato merupakan kebudayaan pada masing-masing daerah di Indonesia. Di Indonesia sendiri tato merupakan salah satu kebudayan dari Mentawai, Sumatra Barat. Tato bagi masyarakat tradisonal mengandung berbagai makna. Suku Mentawai, dikenal dengan banyak tato di tubuhnya sesua dengani ritual Adat Sabulungan. Tato pertama kali di Indonesia dikenalkan melalui tato tradisional suku Dayak yang mengandung makna dan menjunjung nilai luhur." (Olong, 2006:239)

Banyak Tato Banyak Makna

Pada tubuh Lionel Messi terdapat berbagai macam tato seperti  bibir dan mata istrinya, sepasang tangan, nama Thiago dan Matheo, tanggal ulang tahun, bola, nomor 10, Yesus Kristus, bunga lotus, rose window,  dan mahkota kecil.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Seni Selengkapnya
Lihat Seni Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone